Rabu 27 Mei 2020, 05:35 WIB

Skenario UTBK Disiapkan

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Skenario UTBK Disiapkan

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Sejumlah peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer SBMPTN di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, (8/5) tahun lalu.

 

PEMERINTAH dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah menyiapkan beberapa pilihan alternatif untuk pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) pada seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBMPTN) di tengah pandemi virus korona (covid-19). Plt Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam memastikan opsi pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 akan sesuai dengan arahan dari tim gugus tugas covid-19.

“Pagi tadi saya baru berkoordinasi dengan panitia. Kita saat ini menyiapkan beberapa alternatif dan akan dikonsultasikan dengan gugus tugas pandemi,” kata Nizam saat dihubungi Media Indonesia, kemarin.

Senada, Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo mengungkapkan pilihan pertama yang disiapkan, yaitu proses pendaftaran UTBK SBMPTN tetap berlangsung pada 2-20 Juni 2020, sementara pelaksanaannya digelar pada 5-12 Juli 2020 dengan mengikuti protokol yang telah disediakan.

“Kalau itu (UTBK) dilaksanakan, juga ada persyaratannya, artinya kita akan menerapkan protokol covid-19. Jadi, komputer kita beri jarak antara satu peserta dengan yang lain harus 1,5 meter. Kemudian yang bersangkutan harus pada kondisi sehat, termasuk dia harus membawa masker. Nah, kami sudah ada protokol covid-19 untuk pelaksanaan UTBK pada saat pandemi korona ini,” ujar Budi.

Budi pun mengimbau para peserta agar melaksanakan tes/UTBK di daerahnya masing-masing tanpa perlu berpindah kota agar meminimalisasi penyebaran covid-19.

74 lokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menambahkan bahwa UTBK yang merupakan syarat mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) akan diselenggarakan di 74 lokasi pusat UTBK.

“UTBK akan diselenggarakan di 74 UTBK perguruan tinggi negeri (PTN) yang ada di Tanah Air,” ujar Ketua LTMPT Mohammad Nasih di Jakarta, kemarin.

Pelaksanaan UTBK tersebut dilakukan pada tiap-tiap PTN yang ada di tiap provinsi. Nasih meminta peserta meng­ikuti tes di pusat UTBK yang ada di kota masing-masing.

“Pelaksanaan UTBK menerapkan protokol kesehatan pencegahan pandemi covid-19,” tambah dia. Setiap peserta yang akan mengikuti UTBK wajib mengenakan masker dan harus dalam kondisi sehat, serta mengikuti prosedur pemeriksaan covid-19.

Nasih mengatakan terdapat sejumlah prosedur yang harus dipatuhi peserta, dari saat masuk ruang ujian, saat ujian, hingga setelah ujian. Dia pun berharap UTBK dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk dapat mengikuti UTBK, peserta diwajibkan membayar biaya UTBK sebesar Rp150.000. Namun, peserta yang memiliki nomor kartu Indonesia pintar (KIP) kuliah dibebaskan dari biaya pendaftaran.

UTBK merupakan syarat mengikuti SBMPTN 2020. Dengan nilai UTBK yang didapat, peserta dapat mendaftar pada PTN tujuan. (Ant/H-1)

Baca Juga

Antara Foto

Penambangan Batu Gamping di Kawasan Karst Rusak Air Tanah

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 07 Juli 2020, 00:22 WIB
Karena dampaknya yang buruk terhadap kuantitas dan kualitas air tanah, maka KBAK merupakan kawasan yang harus dilindungi termasuk dari...
Dok. Pribadi

Kemendikbud Ingatkan Protokol Kesehatan UTBK SBMPTN Jangan Kendor

👤Syarief Obaidillah 🕔Senin 06 Juli 2020, 23:21 WIB
Protokol kesehatan dalam pelaksanaan UTBK SBMPTN di kampusnya dilakukan dengan ketat dengan meminta peserta menggunakan masker, mencuci...
Antara/Arir Firmansyah

Mensos : Pemda Ikut Lancarkan Penyaluran Bansos

👤Ihfa Firdausya 🕔Senin 06 Juli 2020, 23:00 WIB
Mensos mengatakan penyaluraan bansos di Kabupaten Bogor berjalan lancar. Hal itu tidak terlepas dari kerja sama, koordinasi, serta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya