Selasa 26 Mei 2020, 13:20 WIB

Lima Langkah Merekrut Karyawan di Tengah Pandemi

Fetry Wuryasti | Weekend
Lima Langkah Merekrut Karyawan di Tengah Pandemi

unspash/youxventures
ilustrasi: proses interview karyawan

 

PASCA pandemi covid 19 bukan tidak mungkin strategi perusahaan untuk merekrut karyawan akan sedikit berbeda. Bisa jadi tahapan yang mengharuskan tatap muka secara langsung seperti wawancara dan percakapan langsung akan dialihkan via daring.

Oleh karena itu, jika Anda pelaku bisnis dan sedang ingin merekrut karyawan, ada baiknya Anda juga menyesuaikan praktik perekrutan karyawan.

Berikut adalah lima langkah yang dapat Anda praktikan untuk jika perusahaan anda ingin merekrut karyawan secara daring yang kami sarikan dari bussinesnewsdaily. com dan beberapa sumber lainnya.

1. Buat Pengumuman Rekrutmen

Banyak kandidat yang mencari pekerjaan sebelum pandemi mungkin berasumsi bahwa sebagian besar perusahaan sedang tidak merekrut karyawan selama krisis, jadi ada baiknya Anda membuat pengumuman  rekrutmen yang mudah diakses di berbagai media.

Perhatikan informasi tentang posisi yang perusahaan Anda tawarkan sudah tercantum lengkap dalam pengumuman yang dibuat, agar kandidat pelamar dapat dengan mudah memahami pengumuman itu.

Anda juga dapat memanfaatkan karyawan Anda saat ini untuk membantu menyebarkan informasi rekrutmen tersebut.

2. Terapkan Prosedur Rekrutmen Terperinci.

Jika melakukan rekrutmen selama pandemi covid 19, Anda memerlukan prosedur rekrutmen yang terperinci sebelum memulai proses. Merekrut orang dari jarak jauh akan menjadi pengalaman yang sangat berbeda dari rekrutmen secara langsung.

Sebagian besar persiapan untuk merekrut karyawan baru dari jarak jauh secara garis besar akan sama seperti jika Anda merekrut secara langsung. Anda wajib menyiapkan daftar kandidat, mempersempit mereka sesuai klasifikasi yang dibutuhkan, dan memilih kandidat yang akan Anda wawancarai.

Saat Anda mengundang para kandidat yang telah terpilih untuk wawancara video, pastikan Anda memberikan informasi dengan tepat mengenai bagaimana prosesnya dan apa yang harus para kandidat persiapkan.

Sertakan semua informasi yang diperlukan, seperti waktu, tanggal dan daftar kandidat yang masuk dalam tahap ini. Berikan tautan pertemuan video yang Anda buat. Kemudian jelaskan kembali kepada mereka mengenai posisi yang akan mereka lamar ini apakah akan 'remote' secara permanen atau sementara.

3. Bersikap Realistis Dalam Penawaran Anda.

Masa pandemi ini adalah periode yang sangat tidak pasti untuk bisnis, jadi ketika Anda merekrut karyawan pastikan bahwa perusahaan anda dapat mendukung karyawan baru bekerja tanpa reservasi atau modifikasi.

Jika Anda memiliki pertimbangan bahwa iklim  kerja di perusahaan Anda dapat kembali normal setelah krisis berlalu, dan para karyawan dapat kembali bekerja di kantor, infokan semua itu pada pelamar.

4. Prioritaskan Keterampilan Kerja Jarak Jauh.

Karena aturan bekerja dari jarak jauh belum dicabut untuk jangka waktu yang belum ditentukan, maka ada baiknya bagi perusahaan memprioritaskan keterampilan untuk pekerjaan jarak jauh ketika sedang merekrut.

Komunikasi yang efektif, skil IT, inovasi, kreativitas, dan kedisiplinan diri adalah keterampilan yang berguna dalam pekerjaan jarak jauh.

Sebagai perekrut, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membuat menempatkan prasyarat tertentu tentang keterampilan untuk pekerjakan jarak jauh sepenuhnya.

5. Manfaatkan Kumpulan Kandidat yang Ada.

Banyak perusahaan telah memiliki kumpulan kandidat yang sebelumnya telah mengajukan lamaran dan mungkin mencari pekerjaan selama krisis.

Jika Anda ingin menghindari kampanye perekrutan aktif, anda dapat mengalihkan fokus anda pada kumpulan kandidat yang telah perusahaan Anda miliki dan merekrut dari sana.

Pendekatan ini dapat memberi ruang dan waktu bagi perusahaan untuk merekrut karyawan yang tepat, yang dibutuhkan perusahaan untuk beradaptasi di tengah krisis yang tak menentu ini. (M-4)

Baca Juga

MI/SUMARYANTO BRONTO

Dewa Eka Prayoga Belajar dari Rentetan Ujian

👤 (Bus/M-1) 🕔Minggu 05 Juli 2020, 06:25 WIB
BEGITU hebatnya kepiawaian Dewa Eka Prayoga dalam bidang pemasaran digital hingga ia mendapat julukan 'Dewa...
Google & Atlas VPN/AT&T/IC3/Statista/Interpol/Trend Micro/Patrolisiber.id/Tim Riset MI-NRC

Kejahatan Siber Meningkat Selama Pendemi

👤Google & Atlas VPN/AT&T/IC3/Statista/Interpol/Trend Micro/Patrolisiber.id/Tim Riset MI-NRC 🕔Minggu 05 Juli 2020, 06:20 WIB
PANDEMI covid-19 secara tak langsung memaksa orang-orang untuk tetap berada di rumah dan lebih sering menggunakan...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Edward Tirtanata Perjuangan Raja Kopi

👤(Bus/M-1) 🕔Minggu 05 Juli 2020, 06:15 WIB
BAGI penggemar kopi kekinian, nama Kopi Kenangan tentu tidak asing lagi. Startup minuman yang berdiri pada 2017 itu kini telah memiliki...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya