Selasa 26 Mei 2020, 10:04 WIB

Sambut New Normal, Jokowi Minta Pengetatan Protokol Kesehatan

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Sambut New Normal, Jokowi Minta Pengetatan Protokol Kesehatan

Dok Agus Suparto/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan pendisiplinan protokol kesehatan secara lebih masif dan lebih ketat.

Ribuan personel TNI dan Polri akan dikerahkan untuk mengawasi pendisiplinan protokol kesehatan terkait dengan rencana penerapan kehidupan normal baru (new normal).

"Kita harapkan nantinya dengan dimulainya TNI dan Polri ikut secara masif mendisiplinkan masyarakat, menyadarkan masyarakat, mengingatkan masyarakat, kita harapkan kurva penyebaran covid-19 akan semakin menurun," ucap Jokowi seusai meninjau stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5) pagi.

Jokowi mengumumkan pendisiplinan protokol kesehatan di mulai hari ini di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota. Daerah-daerah tersebut ialah wilayah yang memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pasukan TNI dan Polri akan berada di titik-titik keramaian seperti transportasi publik, pusat perbelanjaan, pasar, dan fasilitas umum lainnya.

"Ini dalam rangka mendisiplinkan, lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan PSBB. Akan digelar di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota mulai hari ini sehingga kita harapkan kedisiplinan yang kuat dari masyarakat akan semakin terjaga," imbuh Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan pendisiplinan masif ditargetkan akan bisa menekan laju penularan covid-19. Menurut Presiden, angka reproduksi dasar atau R0 virus korona di sejumlah provinsi sudah menurun atau berada di bawah 1.

"Kita melihat bahwa R0 dari beberapa provinsi sudah di bawah 1 dan kita harapkan akan semakin hari semakin turun dengan adanya digelarnya pasukan dari TNI dan Polri di lapangan secara masif," ucap Jokowi.

Saat meninjau stasiun MRT, Jokowi mengecek langsung protokol kesehatan yang diterapkan antara lain pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker, dan pengaturan jaga jarak di area peron. Turut hadir mendampingi Jokowi dalam peninjauan antara lain Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Aziz, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (OL-8).

 

Baca Juga

DOK. MI/PIUS ERLANGGA

Menaklukkan Kanker dengan Cinta

👤Atalya Puspa/H-2 🕔Rabu 15 Juli 2020, 05:40 WIB
Lestari yang akrab disapa Rerie ini menyatakan dirinya tidak sengaja mengetahui dalam tubuhnya ada sel kanker yang...
BPS/Tim Riset MI-NRC

Indonesia Mampu Hindari Krisis Pangan

👤Des/Ant/X-8 🕔Rabu 15 Juli 2020, 04:17 WIB
Stok beras di gudang Bulog dalam kondisi aman di tengah pandemi covid-19, yakni 1,42 juta ton yang tersebar di seluruh...
MI/Ramdani

David Naif Tidak Dikenali ketika Naik Angkot

👤MI 🕔Rabu 15 Juli 2020, 04:10 WIB
SEBUAH momen lucu dibagikan vokalis band Naif, David Bayu Danangjaya, 43, melalui...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya