Selasa 26 Mei 2020, 09:32 WIB

Kesuksesan Implementasi New Normal Ada di Tangan Masyarakat

Atalya Puspa | Humaniora
Kesuksesan Implementasi New Normal Ada di Tangan Masyarakat

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Warga mengenakan masker dan menjaga jarak saat menumpang MRT Jakarta.

 

INDONESIA bersiap memasuki era normal baru (new normal) di tengah pandemi covid-19. Kementerian Kesehatan pun telah membuat panduan bekerja di lingkungan perkantoran dan industri.

Menanggapi hal itu, Pengamat Kesehatan Handrawan Nadesul menyatakan kesuksesan implementasi new normal ada di tangan masyarakat. Sebab, pemerintah telah memberikan mandat kepada masyarakat untuk menjaga diri masing-masing.

"Masyarakat kini diberi mandat menjaga diri masing-masing sekaligus memikul akibatnya jika tidak patuh," katanya saat dihubungi, Selasa (26/5).

Baca juga: Masyarakat Punya Andil Besar Putus Rantai Penyebaran Covid-19

Handrawan meyakini new normal merupakan jalan yang paling tepat diambil saat ini. Pasalnya, covid-19 tidak bisa hilang dalam sekejap. Namun, pemulihan ekonomi harus tetap dilakukan untuk kepentingan rakyat banyak.

"Melepas masyarakat mulai lebih bergerak tapi tetap dengan protokol medis dan beberapa pembatasan, itulah saya pikir pilihan berstrategi ketika ekonomi harus cepat dibela dan ketika rakyat belum semakin kelaparan," kata Handrawan.

Handrawan menilai, pemerintah telah berpikir secara matang dalam mengambil keputusan tersebut. Karenanya, dirinya mengimbau masyarakat luas untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yang ada, agar penularan covid-19 tidak meluas, dan roda ekonomi tetap bisa berputar.

"Risiko tertular di luar rumah selama masih memakai masker, tetap rutin cuci tangan, tetap jaga jarak, bisa meringankan kecemasan kita akan bertambahnya kasus," katanya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Aturan tersebut terangkum ke dalam tiga poin utama, yakni manajemen dalam pencegahan penularan covid-19, kebijakan pekerja esensial yang harus tetap bekerja selama PSBB berlangsung, dan sosialisasi dan edukasi pekerja mengenai korona. (OL-1)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Pembelajaran di Tahun Ajaran Baru Harus Kedepankan Aspek Keamanan

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 12 Juli 2020, 19:08 WIB
Proses pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, sesuai dengan kemampuan masing-masing...
Dok MI

Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia

👤Antara 🕔Minggu 12 Juli 2020, 19:06 WIB
Penyebab meninggalnya Nurhasanah akibat sakit yang...
BKSDA Yogyakarta

BKSDA Yogyakarta Lepasliarkan Satwa Burung Pemangsa

👤Ihfa Firdausya 🕔Minggu 12 Juli 2020, 18:57 WIB
Keempat satwa burung pemangsa tersebut dilepasliarkan di komplek Stasiun Flora Fauna (SFF) yang termasuk bagian kawasan Taman Hutan Raya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya