Selasa 26 Mei 2020, 09:16 WIB

Ini Kronologi Wawancara Siti Fadilah dengan Deddy Corbuzier

Cindy Ang | Politik dan Hukum
Ini Kronologi Wawancara Siti Fadilah dengan Deddy Corbuzier

Tangkapan layar Youtube Deddy Corbuzier
Siti Fadilah Supari (kiri) diwawancarai oleh Deddy Corbuzier

 

DIREKTORAT Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemekum HAM) memaparkan kronologi perawatan mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari hingga bisa diwawancarai Deddy Corbuzier.

Pada Rabu (20/5), Siti dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, untuk melakukan pemeriksaan.

"WBP (warga binaan permasyarakatan) Rutan Pondok Bambu atas nama Siti Fadilah Supari berdasarkan rekomendasi dari dokter Rutan Pondok Bambu dan persetujuan Plt Kepala Rutan Pondok Bambu, dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto karena kondisi Siti dengan diagnosis asma," ucap Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti lewat keterangan tertulis, Selasa (26/5).

Baca juga: Siti Fadilah Diwawancarai Deddy, DitjenPas Mengaku Kecolongan

Di hari itu, pukul 13.00 WIB, Siti menempati Ruang Paviliun Kartika kamar 206, RSPAD Gatot Subroto. Dia dirawat inap di sana selama dua hari.

Kemudian Siti dianjurkan kontrol kesehatan di Klinik Rutan Pondok Bambu dengan keterangan kondisi sehat.

"Asma tidak dalam serangan, diagnosis asma intermiten (tidak dalam serangan) dan rapid test menunjukkan hasil nonreaktif," kata Rika.

Kemudian Jumat (22/5) sekitar pukul 16.45 WIB, Siti Fadilah dikembalikan ke Rutan Pondok Bambu untuk melakukan rawat jalan di Klinik Rutan Pondok Bambu. Rika mengklaim selama Siti menjalani pidana, dia telah mendapat perawatan dan fasilitas kesehatan yany baik di rutan.

Rika menduga wawancara Siti Fadilah dengan Deddy Corbuzier terjadi pada Rabu (20/5) malam saat rawat inap di RSPAD Gatot Subroto antara pukul 21.30-23.30 WIB. Hal itu didapat lewat keterangan pihak Rutan Pondok Bambu, Siti Fadilah dan dua orang petugas rutan yang berjaga saat itu.

"Hal ini didasarkan bahwa pada pukul 21.30 WIB, ada empat orang (2 laki dan 2 perempuan) masuk ke ruang rawat Siti Fadilah dengan mengenakan masker. Satu di antaranya adalah Deddy Corbuzier," terangnya.

Dia menyebut petugas yang berjaga tidak sempat bertanya karena pintu kamar telah dikunci dari dalam. Perawat yang ingin masuk pun dilarang masuk keluarga Siti.

"Pihak Rutan Pondok Bambu mengatakan baru mengetahui adanya wawancara tersebut, setelah melihat video wawancara Siti Fadillah dan Deddy Corbuzier di Instagram milik Deddy Corbuzier, pada Kamis (21/5)," ujar Rika.

Rika menegaskan wawancara tersebut tidak memenuhi persyaratan yang tercantum pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM, Pengelolaan dan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kemenkumham dan UPT Pemasyarakatan dengan Pas Nomor M..HH-01.IN.04.03 pada 5 Oktober Tahun 2011.

Pada pasal 28 (1) mengatakan peliputan untuk kepentingan penyediaan informasi dan dokumentasi harus mendapat izin secara tertulis dari Ditjenpas. Sementara pasal 30 (3) menyatakan bahwa peliputan hanya dapat dilakukan pada hari kerja dan jam kerja yang ditentukan oleh masing -masung unit/satuan kerja.

Kemudian pasal 30 (4) menyatakan bahwa pelaksaanaan peliputan harus didampingi pegawai pemasyarakatan dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Serta pasal 32 (2) menyatakan bahwa wawancara terhadap narapidana hanya dapat dilakukan jika berkaitan dengan pembinaan narapidana. (OL-1)

Baca Juga

 MI/Susanto

Peran dan Kewenangan Lemah, BPIP Butuh UU

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 11:34 WIB
Kondisi Indonesia pascareformasi cukup memprihatinkan. Banyak dari generasi muda yang tak mengetahui makna...
ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Pilkada di Tengah Pandemi, KPU Harap Dukungan Masyarakat

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 11:08 WIB
KPU meyakini capaian target partisipasi pemilih dalam Pilkada 2020 dapat...
MI/M Soleh

Pengamat: Yang Bantu dan Lindungi Djoko Tjandra Harus Dihukum

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 11:00 WIB
Semua pihak yang membantu dan melindungi buronan cassie Bank Bali Djoko Tjandra mesti mempertanggungjawabkannya di muka...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya