Selasa 26 Mei 2020, 08:49 WIB

Nelayan di DIY Waspadai Gelombang Laut Tinggi

Agus Utantoro | Nusantara
Nelayan di DIY Waspadai Gelombang Laut Tinggi

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Suasana sepi di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, DIY. BMKG mengeluarkan peringatan adanya potensi gelombang tinggi pada Selasa (26/5).

 

STASIUN Klimatologi Mlati BMKG Yogyakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca, dapat terjadi gelombang tinggi pada kisaran 2,5 meter hingga 4  meter yang dapat terjadi pada Selasa (26/5) di perairan Samudra Hindia, selatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kepala Stasiun Klimatologi Mlati, Reni Kraningtyas dalam keterangan tertulis mengatakan para nelayan maupun masyarakat yang beraktivitas di pesisir selatan untuk meningkatkan kewaspadaannya.

"Waspada potensi peningkatan tinggi gelombang laut di pesisir selatan DIY," kata Reni, Selasa (26/5).

Potensi hujan pada pagi hari dimungkinkan terjadi hujan ringan di Gunungkidul bagian selatan, Bantul bagian selatan dan Kulonprogo bagian selatan.Sedangkan siang hingga  sore hari potensi hujan ringan-sedang di Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul bagian barat serta Sleman bagian utara  dan barat.

"Malam hari berawan dan dini hari potensi hujan ringan di Bantul bagian selatan, Kulonprogo Selatan dan Gunungkidul Selatan," tambahnya.

Ia menambahkan, angin dari arah barat daya kecepatan maksimum 30 km/jam. Sementara pengamatan BPPTKG terhadap Gunung Merapi selama enam jam hari Selasa dari pukul 00.00 hingga 06.00 WIB menyebut cuaca cerah, berawan, dan mendung. Angin bertiup lemah ke arah barat. Suhu udara 18-21.8 derajat Celcius, kelembaban udara 75-77 %, dan tekanan udara 873.1-918.2 mmHg.

baca juga: Jelang New Normal, Satgas Covid-19 Papua Barat Akan Dievaluasi

Selama enam jam tersebut asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 25 meter di atas puncak kawah. Petugas pos pengamatan Gunung Merapi Arif Cahyo Purnomo melaporkan selama kurun pemantauan tersebut kegempaan yang muncul hembusan tiga kali, dan hybrid atau fase banyak enam kali.

"Tingkat Aktivitas Gunung Merapi Level II  atau waspada," pungkasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA/Adwit B Pramono

Sebulan Gratis, Tarif Tol Manado-Bitung telah Ditetapkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 02:30 WIB
Tarif tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara akhirnya ditetapkan sebesar Rp1.111 per kilometer setelah selama hampir satu bulan...
MI/Dwi Apriani

Instalasi Lateks Pekat, Muba Maksimalkan Serapan Karet Petani

👤Dwi Apriani 🕔Senin 26 Oktober 2020, 22:00 WIB
"Hari ini kami mewujudkan penggunaan teknologi yang lebih maju dengan pembuatan aspal karet yakni lateks pekat terpravulkanisasi...
MI/Supardji Rasban

Delapan Kecamatan di Brebes Rawan Bencana

👤Supardji Rasban 🕔Senin 26 Oktober 2020, 21:50 WIB
MEMASUKI musim penghujan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah, bersama TNI dan Polri menggelar apel antisipasi bencana, di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya