Selasa 26 Mei 2020, 07:57 WIB

Jelang New Normal, Satgas Covid-19 Papua Barat Akan Dievaluasi

Martinus Solo | Nusantara
Jelang New Normal, Satgas Covid-19 Papua Barat Akan Dievaluasi

MI/Martinus Solo
Jubir Satgas Covid19 Papua Barat dr Arnoldus Tiniap

 

JURU bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Papua Barat, dr Arnold Tiniap segera mengevaluasi penanganan virus korona selama ini di 13 Kabupaten/ Kota menjelang pemberlakuan New Normal. Pasalnya, masyarakat Papua Barat belum sadar sepenuhnya bahaya penyebaran covid-19 sehingga mereka tidak menerapkan physical distancing dan  melaksanakan protokoler kesehatan.
 
"Tim Satgas COVID-19 Papua Barat akan melakukan evaluasi terhadap penanganan virus korona, karena banyak orang yang belum sadar melaksanakan anjuran pemerintah dalam melaksanakan protokoler kesehatan," ucap Jubir, dr Arnold Tiniap dalam keterangan persnya melalui zoom meeting bersama wartawan, Selasa (26/5).

Dari hasil evaluasi tim gugus tugas akan dilaporkan kepada ketua umum yang juga Gubernur Papua Barat, DDominggus Mandacan untuk selanjutnya mengambil langkah tepat. Ia berharap langkah yang diambil nanti diharapkan memberikan pemahaman serta efek jera bagi masyarakat yang selama ini dianjurkan pemerintah untuk dilaksaanakan dalam melindungi diri, tetapi tidak dilakukan.
 
Hal kecil seperti menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah, untuk melindungi diri agar terhindar dari serangan virus korona, ternyata masih dilanggar oleh masyarakat dengan berbagai alasan. Diakuinya jumlah orang tanpa gejala (OTG) setiap hari meningkat. Hingga 25 Mei 2020 ada penambahan 57 orang dari Kabupaten Teluk Wondama 38 orang, Kota Sorong 17 orang dan Kabupaten Sorong 2 orang.

baca juga: Salat di Rumah, Pemkab Lamongan Tiadakan Open House

Sehingga total OTG di Provinsi Papua Barat sebanyak 1.194 orang, yang masih dalam pemantauan 531 orang sedangkan sudah selesai pemantauan 663 orang. Apalagi sambung Arnold Tiniap, pemerintah pusat dalam waktu dekat akan membuka semua akses pembatasan sosial maka potensi penularan dan peningkatan pasien virus korona bisa meningkat. 

"Karena itu kami akan mengevaluasi hingga ke tingkat persiapan mengantisipasi kebijakan Presiden membuka akses sosial termasuk sekolah dan pusat perbelanjaan," pungkasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bank BJB Bantu Gugus Tugas Covid-19

👤BY/JS/JL/BB/N-2 🕔Rabu 15 Juli 2020, 04:40 WIB
“Kami membantu dengan satu kendaraan operasional covid-19, 50 wastafel portable, dan 10 ribu masker medis,” ujar...
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Denda tidak Pakai Masker Terus Meluas

👤DY/DG/BB/BK/N-2 🕔Rabu 15 Juli 2020, 04:25 WIB
"Setiap warga yang melanggar protokol kesehatan tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah didenda Rp250 ribu,” ujar...
Antara

Dua Pegawai Disdukcapil Cirebon Tersangka Pungli KTP

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 14 Juli 2020, 22:12 WIB
‘’Keduanya kami tetapkan sebagai tersangka setelah memenuhi dua alat bukti,’’ungkap Kapolresta Cirebon, Kombes Pol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya