Senin 25 Mei 2020, 16:57 WIB

Lebaran Tahun Ini, Kualitas Udara Jakarta Jauh Lebih Baik

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Lebaran Tahun Ini, Kualitas Udara Jakarta Jauh Lebih Baik

MI/Ramdani
Foto udara menunjukkan polusi Ibu Kota yang semakin turun saat penerapan PSBB.

 

LIBUR Idulfitri membuat kualitas udara Jakarta semakin membaik. Apalagi kualitas udara Ibu Kota menunjukan tren membaik selama penerapan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih, mengatakan saat perayaan Idulfitri Idul Fitri, konsentrasi PM2,5 di semua lokasi pemantauan kualitas udara menunjukan angka penurunan dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Secara keseluruhan, rata-rata PM2,5 sebelum dan saat Idulfitri memenuhi baku mutu PM2,5 (<65 ug/m3).

Baca juga: Sebut Kualitas Udara Jakarta Buruk, KLHK Kritik Metode AirVisual

Sedangkan, konsentrasi CO menjelang dan saat Idulfitri menunjukan angka yang relatif kecil. Hal tersebut dikarenakan sumber utama CO dari sektor transportasi sudah berkurang sejak PSBB. Sehingga, konsentrasi CO sangat rendah dan memenuhi Baku Mutu (< 9 ug/m3).

Andono mengungkapkan kecenderungan selama lima tahun terakhir jelang Idulfitri, konsisten menunjukan penurunan konsentrasi polutan untuk parameter PM2,5, CO, NO2, SO2 dan O3. Namun, penurunan konsentrasi pencemar udara pada tahun ini semakin tinggi lagi.

“Disimpulkan, kualitas udara Lebaran tahun ini paling baik dibandingkan Lebaran lima tahun ke belakang,” jelas Andono, Senin (25/5).

Baca juga: Tidak Punya SIKM, Pengendara Pakai Hasil Tes Covid-19

Jika dibandingkan dengan Lebaran 2019, lanjut dia, konsentrasi PM10, PM2,5, CO, NO2, SO2 dan O3 Idulfitri tahun ini mengalami penurunan, yaitu sebesar 28% (PM2,5), 23% (PM10), 8% (CO), 13% (NO2), 4% (SO2) dan 41% (O3).

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melakukan pemantauan di enam Stasiun Pemantauan Kualitas Udara (SPKU). Rinciannya, Bundaran HI (DKI-1), Jakarta Pusat peruntukan roadside, Kelapa Gading (DKI-2), Jakarta Utara peruntukan pemukiman, Jagakarsa (DKI-3), Jakarta Selatan peruntukan pemukiman, Lubang Buaya (DKI-4), Jakarta Timur peruntukan pemukiman, Kebon Jeruk (DKI-5), Jakarta Barat peruntukan pemukiman dan 3 unit SPKU mobile.(OL-11)

Baca Juga

Dok MI

Polisi Periksa Rekan Kerja dan Kawan Yodi Prabowo

👤Jufriansyah 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:59 WIB
"Tadi autopsi sudah selesai hasil nanti dikirim, nanti kita lihat perkembangannya," kata...
MI/ Andri Widiyanto

Netizen Bela Kualitas Bus Listrik Transjakarta dari Tiongkok

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:33 WIB
"Sayang sekali ada yang menyudutkan TJ soal bus dari China. Bos, produksi Bus Listrik di Dunia itu 99% saat ini memang datangnya dari...
Antara

Pelayanan Publik di DKI Diminta Tetap Prima Saat Pandemi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:07 WIB
Pelayanan yang diberikan kepada warga adalah pelayanan terintegrasi, terkoordinasi, cepat, dan tanpa ada pungutan-pungutan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya