Senin 25 Mei 2020, 12:43 WIB

Hari Ini, Jamaah Islam Aboge Gelar Salat Id di Halaman Rumah

Liliek Dharmawan | Nusantara
Hari Ini, Jamaah Islam Aboge Gelar Salat Id di Halaman Rumah

MI/Liliek Dharmawan
Jemaah Islam Aboge melakukan Salat Id pada hari ini, Senin (25/5).

 

JAMAAH Islam Aboge (Alif Rebo Wage) yang berada di Banyumas dan Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) menggelar Salat Id, Senin (25/5), atau telat sehari dari ketetapan pemerintah. Sebab, Islam Aboge mempunyai perhitungan sendiri dalam menentukan 1 Syawal 1441 Hijiryah.

Di Banyumas, jamaah Islam Aboge menggelar Salat Id di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang. Mereka melaksanakan Salat Id pada pagi hari di halaman rumah penduduk.

Dalam pelaksanaan salat, mereka mengikuti protokol covid-19 dengan menjaga jarak dan mengenakan masker. Jumlahnya tidak terlalu banyak, hanya puluhan jamaah yang ikut serta.

Baca juga: Hari Kedua Lebaran, TPU di Tasikmalaya Masih Ramai Dikunjungi

Ketua Jamaah Islam Aboge Jamang Sudiworo mengatakan perhitungan  yang dilakukan Islam Aboge memang berbeda dengan perhitungan yang lain.

"Berdasarkan perhitungan yang kami lakukan, 1 Syawal 1441 H  jatuh pada Senin Manis yakni pada hari ini. Sehingga kami menggelar Salat Id pagi ini. Kami membaginya di dua tempat, agar tidak menimbulkan  penumpukan jamaah. Dan seluruh jamaah harus mengenakan masker," jelasnya.

Sementara dari Purbalingga dilaporkan, jamaah Islam Aboge yang berada di Desa Onje, Kecamatan Mrebet juga menggelar Salat Id pada Senin (25/5). Mereka menggelar Salat Id di masjid desa setempat. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Tercatat 83 ASN Jawa Timur Langgar Netralitas Pilkada

👤Bagus Suryo 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:15 WIB
BADAN Pengawas Pemilu Jawa Timur menyatakan puluhan kasus aparatur sipil negara (ASN) tidak netral selama masa kampanye Pilkada...
MI/John Lewar

Cuaca Buruk Dongkrak Harga Ikan di Labuanbajo

👤John Lewar 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:00 WIB
HUJAN lebat dan angin kencang yang melanda perairan laut di kawasan Komodo sepekan belakangan ini membuat para nelayan di Kabupaten...
Antara

PDIP Ajukan Wabup Cirebon Istri dan Supir Terpidana Suap

👤Nurul Hidayah 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 16:35 WIB
PDI Perjuangan Cirebon kekurangan kader berkualitas, hal itu terlihat dari dua nama bakal calon wakil bupati (wabup) Cirebon yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya