Senin 25 Mei 2020, 11:45 WIB

Mengenal Kudapan Lebaran dari Berbagai Penjuru Dunia

Fathurrozak | Weekend
Mengenal Kudapan Lebaran dari Berbagai Penjuru Dunia

AFP/BULENT KILIC
warga di Turki membeli hidangan tradisional setempat saat idulfitri

IDULFITRI menandai akhir dari Ramadan, bulan suci ketika umat  Islam berpuasa selama sebulan penuh. Momen ini yang disebut Lebaran ini pun menjadi kesempatan untuk bersuka cita dengan orang yang dicintai dan menikmati berbagai makanan lezat.

Di Indonesia, ketupat dan opor menjadi salah satu kudapan yang identik dengan perayaan idul fitri. Hampir di banyak daerah di Indonesia, menyediakan dua kudapan ini saat idulfitri. Selain kedua penganan tersebut, kue-kue lebaran juga jadi kekhasan masyarakat muslim di Indonesia. Nastar, lidah kucing, kastengel, dan putri salju ialah beberapa di antara kue kering yang menghiasi meja saat lebaran.

Bukan hanya di Indonesia, di beberapa negara dunia juga memiliki kudapan khas mereka ketika merayakan idulfitri. Berikut beberapa hidangan yang disantap saat lebaran di negara-negara lain yang kami sarikan dari independent.co.uk:

1. Boeber

Salah satu hidangan saat hari raya idulfitri adalah Boeber. Boeber adalah minuman susu manis yang dibuat dengan memasak bihun bersama kurma yang biasa diminum masyarakat Afrika .

Selain menjadi hidangan khas saat lebaran, minuman ini juga disajikan secara tradisional pada malam ramadan ke-15, untuk menandai titik tengah dari sebulan berpuasa. Di Trinidad dan Tobago, minuman serupa yang disebut Sawine atau Sewine, disajikan selama idulfitri.

 

2. Ghraybeh

Bukan hanya di Indonesia, kue kering lebaran juga ada di Timur Tengah. Disebut ghraybeh, kue kering ini memiliki “tekstur renyah dan mentega yang luar biasa yang meleleh di mulut,” tulis pengembang resep Nahed Alfar di Instagram.

"Bagi banyak orang itu adalah makanan penutup sederhana namun penting dari bulan ramadan dan juga cara yang manis untuk merayakan idulfitri," tambahnya.

3. Sohan Asali

Iran juga punya kue kering lebarannya. Disebut Sohan Asali. Sohan Asali adalah kue kering yang manis, terbuat dari madu, gula, kunyit, dan kacang-kacangan seperti almond. Sohan Asali juga kerap menjadi hidangan saat perayaan Tahun Baru Persia.

4. Ma’amoul

Ma'amoul adalah biskuit yang mirip seperti roti Arab. Dibuat dengan kurma dan kacang-kacangan seperti pistachio, kenari, dan almond. Ma-amoul biasanya dibuat dalam bentuk bola atau dibentuk menjadi kue yang berbentuk pipih. Secara tradisional, Ma’amoul biasanya disajikan dengan kopi Arab.

5. Tajine

Tajine, atau tagine, adalah hidangan Maghrebi yang terdiri dari sup rebusan lambat. Sayuran dan saus aromatik ditambahkan ke daging seperti daging sapi dan ayam untuk hidangan lezat dan gurih.

Di beberapa restoran dengan menu Mediterania, tajine juga menjadi salah satu komposisi yang dibubuhkan. Salah satunya, Anda bisa menjumpai di Animale Restaurant, yang terletak di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, yang menyajikan tajine dalam hidangan pipi sapi (beef cheek).

5. Cambaabur

Cambaabur adalah roti khas Somalia yang dimakan secara tradisional selama idulfitri. Pada saat hari raya idulfitri, Cambaabur dimakan dengan cara gula ditaburkan di atas, selain topping yoghurt. (M-4)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Garda Terdepan Ciliwung

👤 (M-1) 🕔Minggu 12 Juli 2020, 05:35 WIB
JIKA tenaga medis disebut garda terdepan dalam perang melawan covid-19, pria ini pantas disebut garda terdepan...
Sumber: Statista/Ourworldindata/Global Carbon Project/The Guardian/Tim Riset MI-NRC

Penurunan Emisi CO2 selama Pandemi Korona

👤 Statista/Ourworldindata/Global Carbon Project/The Guardian/Tim Riset MI-NRC 🕔Minggu 12 Juli 2020, 05:30 WIB
EMISI karbon dioksida (CO2) akibat penggunaan bahan bakar fosil sejak kali pertama tercatat hingga saat ini menunjukkan peningkatan yang...
MI/SUMARYANTO BRONTO

FIKHI Ikrimah Wati Bantu Penyintas Kanker

👤Bus/M-4) 🕔Minggu 12 Juli 2020, 05:25 WIB
FIKHI Ikrimah Wati yang akrab dipanggil Fikhi ialah seorang penyin tas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya