Senin 25 Mei 2020, 10:34 WIB

Dapat SIKM, 820 Warga Diizinkan Keluar Masuk Jabodetabek

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Dapat SIKM, 820 Warga Diizinkan Keluar Masuk Jabodetabek

MI/RAMDANI
Kendaraan keluar gerbang tol Palimanan Utama, Cirebon, Jawa Barat. Untuk meninggalkan Jakarta, warga wajib memiliki SIKM.

 

PEMERINTAH Provinsi (pemprov) DKI Jakarta mengizinkan 820 warga bebas masuk Jabodetabek karena mengantongi Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Benni Aguscandra menuturkan, sejak dibuka pada Jumat (15/5) lalu sampai Minggu (24/5), total 125.734 user berhasil mengakses perizinan SIKM dari website corona.jakarta.go.id.

Dari jumlah tersebut, 5.247 permohonan SIKM diproses oleh Dinas PTSP.

"Sebanyak 820 permohonan dinyatakan telah memenuhi persyaratan sehingga SIKM dapat diterbitkan secara elektronik," ujar Benni dalam keterangan resmi, Senin (25/5).

Baca juga: Wagub DKI Berharap PSBB Tahap Ketiga Jadi yang Terakhir

Adapun laporan lainnya ialah 635 permohonan masih menunggu validasi penjamin dan 3.493 permohonan ditolak atau tidak disetujui Dinas PTSP.

Benni menyebut, terdapat 299 permohonan yang masih dalam proses dan diajukan sore kemarin. Sehingga, pihaknya masih terus melakukan penelitian administrasi dan penelitian teknis terhadap permohonan perizinan SIKM tersebut.

Menurut Benni, perizinan SIKM tersebut bertujuan memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi warga dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta saat bertugas di sektor yang dikecualikan PSBB.

Dengan adanya SIKM, individu diizinkan beraktivitas bepergian keluar dan/atau masuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan Individu mana yang diminta untuk tetap berada di rumah selama masa pandemi covid-19.

Aparatur Pemerintah juga jelas untuk memberikan tindakan hukum terhadap konsekuensi atas pelanggaran peraturan perundangan terkait pelaksanaan PSBB di Wilayah Provinsi DKI Jakarta dalam kegiatan pengawasan dan pengendalian. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Tangkap Dua Kurir Narkoba, Polisi Sita 18 Paket Sabu

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 21:55 WIB
Sabu yang disita berasal jaringan Aceh dan akan diedarkan di wilayah hukum Polda Metro...
Dok.MI

4 Pilot Konsumsi Sabu, Kemenhub Janji Tak Akan Intervensi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 17:51 WIB
Penanganan terhadap dugaan penyalahgunaan narkoba oleh pilot adalah wewenang penuh pihak...
MI/ BARY FATHAHILAH

Dampak Covid-19, Kemiskinan di Depok Meningkat

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 16:40 WIB
Pandemi covid-19 menyebabkan problem besar di Kota Depok. Satu di antaranya ialah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya