Senin 25 Mei 2020, 10:22 WIB

Menkominfo Harap Lebaran Kokohkan Kesiapan Berdamai dengan Korona

Ihfa Firdausya | Humaniora
Menkominfo Harap Lebaran Kokohkan Kesiapan Berdamai dengan Korona

ANTARA/Sigid Kurniawan
Menkominfo Johnny G Plate

 

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate berharap momentum Idulfitri 1441 H semakin memperkokoh kesiapan semua elemen masyarakat untuk berdamai dengan covid-19. Ia pun menekankan berdamai bukan berarti menyerah.

"Berdamai adalah menyesuaikan diri dengan kedisiplinan yang tinggi untuk menjalankan protokol-protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19," ujar Menkominfo dalam acara Lebaran Virtual Bersama Kominfo, Minggu (24/5), seperti dikutip dari keterangan resmi.

Menteri Johnny menekankan kembali arahan Presiden Joko Widodo untuk menghadapi covid-19 dengan fokus pada aspek medis dan nonmedis.

Baca juga: Menag: Pandemi Korona Ujian Ketakwaan Umat Islam

Selain bertujuan menekan angka kasus covid-19, pemerintah juga ingin menjaga produktivitas di bidang ekonomi, industri, dunia usaha, termasuk UMKM, dan ultramikro untuk menjaga lapangan pekerjaan rakyat.

"Masalah kesehatan, bebas dan sembuh dari covid-19 menjadi yang utama. Namun, aspek nonmedis juga menjadi prioritas untuk dilakukan. Singkatnya produktif dan aman covid-19 dengan jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan pakai sabun menjadi normal baru dalam kehidupan keseharian kita sampai dengan ditemukannya antivirus, vaksin, dan obat covid-19," jelasnya.

Di sisi lain, Menkominfo menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI), ormas-ormas Islam, maupun ulama-ulama besar yang telah mengimbau agar perayaan kali ini dilakukan dengan tetap memenuhi protokol-protokol pencegahan penyebaran covid-19.

"Tentu, hari kemenangan ini perlu dirayakan dan disyukuri. Saya sangat mengapresiasi dan menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang telah patuh, dengan tidak mudik dan menjalankan silaturahmi Idulftri dan lebaran secara virtual," ungkapnya.

Menteri Johnny pun mengucapkan selamat Idulfitri 1441 H kepada seluruh umat Muslim di Indonesia dan keluarga besar Kementerian Kominfo.

"Seraya dengan kerendahan hati memohon maaf lahir dan batin untuk setiap kesalahan dan kehilafan yang ada. Saya yakin dan percaya, bersama, kita menang dari korona atau covid-19. Dan jangan lupa bangga buatan Indonesia cinta kreativitas anak negeri," pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar memberikan tausiah dalam lebaran virtual. Ia menyampaikan agar semua masyarakat Indonesia tetap menaati protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Sebagaimana ditetapkan pemerintah, pekerjaan rumah kita semua untuk mengikuti protokol kesehatan. Hal itu juga mengikuti fatwa Majelis Ulama,” ujarnya.

Nasaruddin juga mengingatkan kewajiban dan tanggung jawab untuk menjaga keselamatan diri serta keluarga.

“Sesuai fatwa Majelis Ulama, ke mesjid itu sunnah sementara menjaga keselamatan diri dan keluarga itu wajib,” ucapnya.

Ia pun mengajak masyarakat menerapkan Islam yang membawa kedamaian. Hal itu salah satunya bisa dilakukan dengan tidak selalu mempertentangkan setiap kejadian atau setiap hal dalam keseharian.

"Saya mengingatkan agar tidak membandingkan atau encounters antara ke mesjid dan pasar atau mall. Islam yang benar selalu mempertemukan tidak saling mempertentangkan. Misalnya Bapak Presiden kita mengatakan berdamailah dengan virus itu tidak perlu dipertentangkan,” tandasnya. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Asrun

8 Desa di Konawe Utara Terendam Banjir

👤Ferdian Ananda 🕔Minggu 12 Juli 2020, 05:20 WIB
Banjir setinggi 70-80 centimeter merendam delapan desa di lima kecamatan di Konawe Utara, Sulawesi...
Medcom.id

Masyarakat Butuh Program Kartu Prakerja

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 12 Juli 2020, 04:17 WIB
Pelaksanaan program kartu prakerja perlu memprioritaskan korban PHK atau pegawai yang...
Instagram @dindahw

Dinda Hauw-Rey Mbayang Mantapkan Hati untuk Menikah

👤MI 🕔Minggu 12 Juli 2020, 04:10 WIB
KABAR bahagia datang dari aktris Dinda Hauw, 23, dan penyanyi Rey Mbayang, 21, yang resmi menjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya