Senin 25 Mei 2020, 10:15 WIB

Anggota DPR Minta Remisi untuk Gayus dan Ba'asyir tidak Disoal

Kautsar Bobi | Politik dan Hukum
Anggota DPR Minta Remisi untuk Gayus dan Ba

ANTARA/Fanny Octavianus
Gayus Tambunan (tengah)

 

ANGGOTA DPR Komisi III Arsul Sani mengatakan remisi yang diberikan kepada Gayus Tambunan dan Abu Bakar Ba'asyir merupakan hak bagi narapidana. Dengan ketentuan keduanya telah menujukkan perilaku yang baik sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kalau Gayus Tambunan dan Abu Bakar Baa'syir sudah memenuhi semua syarat itu, ya tidak perlu dipersoalkan remisi yang diberikan kepada mereka," ujar Arsul, Senin (25/5).

Arsul bahkan menilai Ba'asyir seharusnya mendapatkan pembebasan bersyarat atau tahanan rumah lantaran usia terpidana teroris tersebut telah menginjak 80-an.

Baca juga: 105.325 Narapidana Dapat Remisi Idulfitri

Komisi III, kata Arsul, menekankan remisi diberikan dengan kebijakan yang tidak diskriminatif. Termasuk untuk pelaku terorisme dan korupsi.

"Apapun tindak pidananya asal memenuhi syarat berhak mendapat remisi," tegasnya.

Wakil Ketua MPR itu menambahkan konsep penghukuman di Indonesia berlandaskan pemasayarakatan, bukan balas dendam. Narapidana dibina agar dapat berkelakuan baik di tengah masyarakat dan tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum.

Sebelumnya, sebanyak 588 narapidana Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur mendapatkan remisi khusus Idulfitri 1441 Hijriah. Dua di antara mereka merupakan narapidana terorisme, Abu Bakar Baasyir dan narapidana korupsi, Gayus Tambunan.

"Gayus Tambunan (remisi) dua bulan, atas nama Abu Bakar Baasyir, satu bulan 15 hari," ujar Kepala Lapas Gunung Sindur, Mulyadi, dalam keterangan remi, Minggu (24/5). (OL-1)

Baca Juga

Dok. Pribadi

PDIP :Pancasila Persatukan Bangsa, Keberadaannya Makin Diperlukan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Juli 2020, 23:36 WIB
Terbukti dengan Pancasila, Indonesia bersatu dan manpu menghadapi berbagai ujian sejarah seperti kemampuan memadamkan pemberontakan PKI,...
MI/ANGGA YUNIAR

Arief Pouyono akan Perkarakan Ketua Pengadilan dan Pengacara

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 05 Juli 2020, 22:22 WIB
Arief bakal melaporkan pengacara Djoko karena diduga mengetahui dan menyembunyikan keberadaan Djoko yang telah dicari selama 11...
MI/ROMMY PUJIANTO

Peserta Aksi PA 212 Ganyang Komunis 20% Anak-Anak

👤 Ihfa Firdausya 🕔Minggu 05 Juli 2020, 19:15 WIB
Dalam aksi massa tersebut, lanjutnya, ujaran dan perkataan keras terlontar, bahkan mengarah kepada kebencian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya