Senin 25 Mei 2020, 08:30 WIB

Warga Dusun Blang Gelar Open House di Musala Desa

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Warga Dusun Blang Gelar Open House di Musala Desa

MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE
Warga Dusun Blang menggelar Open House di musala desa saat pandemi covid-19.

 

BERBAGAI cara dilakukan umat muslim untuk bersilaturrahmi Idulfitri 1441 H di tengah pandemi covid-19. Tujuannya untuk melepaskan kerinduan sesama dan membina rasa persaudaraan.

Warga Dusun Blang, Desa Pulo Pisang, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, misalnya. Mereka sangat menghormati aturan atau protokol standard kesehatan pencegah penyebaran covid-19. Karenanya, mereka menggelar open house di musala desa.

Open house tersebut sebagai media bersilaturahmi antarsesama warga Dusun Blang yang berjumlah sekitar 25 keluarga atau sekitar 120 jiwa. Acara itu dikemas dengan saling salam-salaman.

Baca juga: Wali Kota Pematangsiantar Ajak Warga Jalankan Protokol Kesehatan

Sebagai rasa syukur atas keagungan Allah yang telah memberkati selama bulan Ramadan dan memberi nikmat 1 Syawal, silaturrahmi antarwarga itu juga diisi dengan kenduri syukuran makan lontong bersama.

"Ide silaturahmi di musala setelah selesai Salat Idulfitri 1441H itu berawal beberapa malam lalu, setelah salat berjemaah. Open house antarsesama warga tidak dilakukan di rumah tapi digelar saja secara kebersamaan di musala desa," tutur M Saleh Husin, panitia penyeleggara selaturahmi setempat.

Metode seperti ini, menurut Saleh, sebagai ganti open house yang biasanya dilakukan di setiap rumah. Hal itu bisa memangkas kehadiran banyak orang hadir ke rumah dalam kondisi pandemi covid-19.

"Kalau begini caranya, berhasil mempertemukan warga di tengah musim covid-19 dan bisa menekan agar tidak banyak kontak visik dengan warga luar yang belum diketahui kesehatan mereka," tambahnya. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Warga Terdampak Rob Mulai Keluhkan Masalah Ekonomi

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Rabu 15 Juli 2020, 06:51 WIB
Kebutuhan tanggul yang harus dibangun oleh pemerintah pusat agar bisa mengatasi banjir rob tersebut mencapai tiga kilometer. Namun...
Instagram @hanaaaast

Diduga Lakukan Prostitusi, Hana Hanifah Minta Maaf

👤Antara 🕔Rabu 15 Juli 2020, 06:41 WIB
Personel Satreskrim dan Satintelkam Polrestabes Medan menangkap Hana bersama seorang pria berinisial A di sebuah hotel di Medan, Minggu...
ANTARA FOTO/Hariandi Hafid

Banjir Bandang, Korban Jiwa Berjatuhan

👤LN/MR/MG/N-2 🕔Rabu 15 Juli 2020, 06:05 WIB
Ada 16 warga yang tewas, saat banjir bandang menerjang enam kecamatan di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Senin (13/7)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya