Minggu 24 Mei 2020, 13:48 WIB

Warga Saudi Rayakan Idulfitri dengan Nuansa Berbeda

Nur Aivanni | Internasional
Warga Saudi Rayakan Idulfitri dengan Nuansa Berbeda

AFP
Dengan tetap menjaga jarak, warga Arab Saudi menjalankan ibadah salat Id di Masjidil Haram.

 

PERAYAAN Idulfitri kali ini terasa berbeda bagi warga Arab Saudi. Di tengah pandemi covid-19, mereka harus terjebak dalam aturan jam malam yang diterapkan di seluruh negeri.

Malam jelang Idulfitri biasanya menjadi malam tersibuk dengan jalanan yang ramai, mal dan pusat perbelanjaan dipadati pengunjung. Warga Arab Saudi kerap membeli kebutuhan Lebaran pada menit terakhir.

Masyarakat biasanya juga memadati toko permen, tempat pangkas rambut dan salon, yang buka sepanjang malam, demi melayani pelanggan yang ingin tampil prima pada hari pertama Idulfitri.

Baca juga: Taliban Umumkan Gencatan Senjata Selama Idul Fitri

Namun tahun ini, kemeriahan Idulfitri tidak terlihat di jalanan. Pandemi covid-19 membuat suasana menjadi sepi. Tidak ada lagi antrean panjang di luar toko cokelat dan salon, yang terpaksa tutup.

Kendati demikian, warga Saudi telah menemukan cara untuk memastikan perayaan Idulfitri tidak berakhir dengan rasa kecewa. Amal Al-Thobaiti, seorang warga Jeddah, mengatakan dirinya berupaya untuk merayakan Idulfitri di tengah pandemi.

Dia bersama keluarganya membuat dekorasi Idulfitri, menyiapkan menu sarapan yang bervariasi, dan memesan cokelat secara daring. "Saya juga memesan hadiah untuk keluarga secara daring," tutur Al-Thobaiti.

Baca juga: Dubes Tiongkok Ucapkan Selamat Idulfitri untuk Indonesia

Berbelanja daring juga dilakukan seorang penjual bunga bernama Hadeel Ezmirli. "Saya percaya bahwa membeli barang baru akan mengubah suasana hati kita. Saya ingin setidaknya merasakan suasana Idulfitri, meskipun saya akan pulang," ucap Ezmirli.

Sementara itu, warga lainnya bernama Shayma Al-Sheikh, juga membuat rencana di hari kemenangan untuk bermain gim, menonton film dan menikmati album lama bersama keluarga. Dan Malak dari Riyadh, menyebut dia dan saudaranya menyiapkan perayaan yang sederhana di rumah.

"Kami menjadi lebih bersemangat dari biasanya tahun ini. Karena kami fokus untuk menciptakan suasana Idulfitri yang sesungguhnya di rumah saat lockdown," katanya.(ArabNews/OL-11)

 

 

Baca Juga

AFP

Ribuan Demonstran Tuntut Presiden Mali Mundur

👤MI 🕔Senin 13 Juli 2020, 01:15 WIB
PROTES menuntut Presiden Ibrahim Boubacar Keita di Mali untuk mundur dari jabatannya terus...
AFP

Serangan Gereja Afsel, 5 Orang Tewas setelah 200 Orang Disandera

👤MI 🕔Senin 13 Juli 2020, 00:55 WIB
LIMA orang tewas setelah penyerang menyerbu sebuah gereja di Afrika...
medcom.id

Terdapat 15 Kasus Baru Covid-19 Impor di Kamboja

👤Antara 🕔Senin 13 Juli 2020, 00:45 WIB
Semua kasus baru berkaitan dengan pria-pria Kamboja berusia 21-33 tahun. Mereka semua baru pulang dari Arab Saudi pada Jumat (10/7) dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya