Minggu 24 Mei 2020, 07:41 WIB

Wali Kota Tasikmalaya tidak Gelar Open House

Kristiadi | Nusantara
Wali Kota Tasikmalaya tidak Gelar Open House

ANTARA/Adeng Bustomi
Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman (tengah)

 

WALI Kota Tasikmalaya Budi Budiman memutuskan tidak menggelar open house pada Idulfitri 1441 Hijriah. Keputusan tersebut diambil lantaran pandemi covid-19 di Kota Tasikmalaya yang sampai sekarang belum bisa diatasi.

"Tanpa mengurangi rasa hormat, mohon maaf, tahun ini, kita tidak melaksanakan open house. Namun, saya, atas nama pemerintah Kota Tasikmalaya dan jajaran beserta keluarga, mengucapkan selamat Idulfitri 1441 hijriah, mohon maaf lahir batin," katanya, Minggu (24/5).

Budi mengatakan, kegiatan open house yang dilakukannya merupakan agenda tahunan Wali Kota Tasikmalaya bersama jajaran ketika hari pertama Lebaran. Dalam kegiatan tersebut itu, warga diperkenankan bersilaturahmi ke rumah Wali Kota dalam rangka bermaaf-maafan dan merayakan kemenangan Idulfitri.

Baca juga: Empat Masjid di Cileunyi Tetap Gelar Salat Id

"Kami tidak akan menggelar open house untuk tahun ini, lantaran pandemi covid-19 di Kota Tasikmalaya belum dapat teratasi. Kegiatan open house ditiadakan. Tahun ini, kami mengajak warga untuk merayakan Lebaran di rumah masing-masing guna memutuskan mata rantai penyebaran virus korona," ujarnya.

Menurutnya, pandemi covid-19 menyebabkan warga tetap harus menjaga jarak terutama menghindari hindari kontak fisik dan meminta warga tetap menerapkan protokol kesehatan meski sedang merayakan hari kemenangan.

Karena itu, setelah ibadah salat juga diimbau tidak perlu halalbihalal ke rumah tetangga dan usahakan dilakukan melalui virtual saja pakai ponsel.

"Selama vaksin covid-19 belum ditemukan, warga harus tetap menerapkan protokol kesehatan dan jika perlu, protokol kesehatan harus menjadi budaya. Jika tidak ada kepentingan mendesak, masyarakat lebih baik diam di rumah karena posisi kita belum aman maksimal melakukan jaga jarak," paparnya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kota Tasikmalaya saat ini tercatat 47 pasien positif di antaranya 23 orang terkonfirmasi melalui hasil tes swab dan 24 orang melalui hasil uji cepat (rapid test).

Dari jumlah tersebut, 15 orang telah sembuh, 29 orang masih melakukan perawatan, dan tiga orang meninggal dunia. (OL-1)

Baca Juga

DOK MI

Nakhoda dan 15 ABK KM Inkamini Ditemukan Selamat

👤M Taufan SP Bustan 🕔Kamis 04 Juni 2020, 03:10 WIB
KM Inkamini tenggelam pada Selasa, 2 Juni 2020 sekitar pukul 13.30 WITA. Sebelum kapal tenggelam, seluruh ABK menyelamatkan diri dengan...
ANTARA

Penyaluran Bansos di Jabar Ditarget Selesa1 8 Juni

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 04 Juni 2020, 02:55 WIB
Memang ada keterlambatan dalam penyaluran bantuan tersebut karena terkendala pendataan yang belum...
DOK MI

Tingkat Kesembuhan Covid di DIY Capai 72 Persen

👤Ardi Teristi 🕔Kamis 04 Juni 2020, 02:40 WIB
"Dengan rapid test massal, kita bisa memberikan data yang tepat. Data yang  kita miliki (jumlah pasien potitif Covid-19 yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya