Sabtu 23 Mei 2020, 20:25 WIB

Tiga Pemerintah Daerah Terima Bantuan untuk Hadapi Covid-19

Mediaindonesia.com | Nusantara
Tiga Pemerintah Daerah Terima Bantuan untuk Hadapi Covid-19

Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (tengah) menerima bantuan dari PT HM Sampoerna Tbk diwakili Kepala Urusan Eksternal Ishak Danuningrat (kanan).

 

DONASI berupa 14 unit alat bantu pernapasan buatan atau ventilator, 45 ribu masker, 4.000 baju hazmat, 600 set alat pelindung diri (APD), dan 900 unit pelindung wajah (face shield) diberikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Direktur Sampoerna Elvira Lianita, mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk dukungan Sampoerna terhadap instruksi Presiden Joko Widodo agar seluruh komponen bangsa, termasuk sektor swasta, membantu melandaikan kurva penularan covid-19 secepat mungkin.

"Salah satunya dengan membantu pemerintah provinsi dan kota/kabupaten dengan memberikan bantuan APD full set untuk tenaga medis yang bertugas di garda terdepan serta mendonasikan mesin ventilator untuk beberapa rumah sakit setempat,” ujar Elvira dalam keterangan, Sabtu (23/5/2020).
 
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bantuan tersebut membantu penanganan covid-19 di wilayahnya. Pada Kamis lalu, Sampoerna memberikan tiga unit ventilator, 5.000 masker, 1.000 baju hazmat, 100 set APD, dan 100 unit pelindung wajah kepada Pemprov Jatim melalui Yayasan Rumah Kita.
 
Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat yang diwakili oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima langsung bantuan Sampoerna berupa 2 unit ventilator, 5.000 masker, 500 baju hazmat, 100 set APD, dan 100 unit pelindung wajah di Gedung Pakuan Bandung, Rabu (20/5/2020).
 
Ridwan Kamil mengibaratkan dukungan yang disampaikan Sampoerna sebagai alat perang melawan covid-19. "Tanpa bantuan ini, alat-alat perang (melawan COVID-19) terbatas," ucapnya di sela-sela serah terima donasi tersebut.
 
Dari Balai Kota Surabaya, Wali Kota Tri Rismaharini, yang menerima bantuan 3 unit ventilator, 250 baju hazmat, 50 set APD, dan 200 unit pelindung wajah, mengatakan, bantuan ini bermanfaat bagi tenaga medis.
 
Risma berharap banyak pihak yang terdorong untuk mengikuti langkah Sampoerna. "Ini akan membantu saudara-saudara kita, para tenaga medis, yang saat ini sedang berjuang untuk menyelamatkan nyawa saudara-saudara kita," ujar wali kota perempuan pertama di Surabaya itu.
 
Pada awal Mei 2020, Sampoerna juga telah memberikan bantuan sebesar Rp5 miliar kepada Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI). Bantuan kepada para tenaga medis ini diserahkan oleh Elvira melalui Yayasan Kemanusiaan Kadin Indonesia di Jakarta, 8 Mei 2020.
 
Bantuan ini diberikan dalam bentuk alat-alat kesehatan, seperti masker bedah, masker N95, alat uji cepat (rapid test) COVID-19, baju hazmat, cairan disinfektan, dan alat penyemprot disinfektan. PERSI selanjutnya akan menyalurkan bantuan Sampoerna ke rumah sakit yang berada di wilayah Jawa Timur.
 
Sebelumnya, sambung Elvira, Sampoerna juga telah bekerja sama dengan mitra CSR, Gugus Tugas, dan pemerintah daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Surabaya, Solo, Pasuruan, Karawang, Bali, dll dalam menangani penyebaran covid-19.
 
“Kami berharap semua pihak dapat terus bekerja sama, bergotong royong, saling mendukung dan menyebarkan semangat kebaikan agar Indonesia dapat segera mengatasi pandemi ini dengan baik,” tutup Elvira. (RO/A-3)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

TPP ASN Kabupaten Sorong Akan Dipotong Untuk Cegah Covid-19

👤Martinus Solo 🕔Kamis 04 Juni 2020, 09:05 WIB
Tunjangan penambah penghasilan (TPP) ASN Kabupate Sorong akan dipotong untik membantu warga terdampak...
MI/Tosiani

Kelompok Tani Temanggung Digerakkan Bisnis Pertanian Lewat Online

👤Tosiani 🕔Kamis 04 Juni 2020, 09:00 WIB
Novi, pengurus Pastakaran menyebutkan, sebelum dijual online omzet yang didapat tiap kelompok rata-rata antara Rp300 ribu sampai Rp2 juta...
MI/Gabriel Langga

Pemkab Sikka Klaim Belum Ada Transmisi Lokal Korona

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 04 Juni 2020, 08:55 WIB
Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus mengatakan belum adanya transmisi lokal  berdasarkan hasil swab 25 orang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya