Sabtu 23 Mei 2020, 15:07 WIB

Mudik Bisa Tambah Beban Moral Orangtua

Yanti Nainggolan | Humaniora
Mudik Bisa Tambah Beban Moral Orangtua

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Petugas gabungan dari Polres Bekasi, TNI, dan Dishub melaksanakan pemeriksaan di Pospam Perbatasan Kedung Waringin-Karawang

 

IMAM Besar Masjid Istiqlal Prof Nasaruddin Umar menyarankan masyarakat untuk melakukan mudik virtual karena jika tetap ke kampung halaman bisa meningkatkan beban moral orangtua.

"Mereka bisa dikucilkan karena anak dari Jakarta, warga kampung jadi was-was," ujar dia di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (23/5).

Apalagi, jika ternyata kepulangan membawa virus di kampung tersebut. Bukan bawa gembira malah bawa petaka. Oleh karena itu, Nasaruddin menyarankan agar silahturahmi dilakukan secara daring.

"Silahturahmi online, gabunglah dengan takbir online," saran dia.

Baca juga: Pemudik Masuk Pelabuhan Bakauheni Tercatat 2.447 Orang

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan pemerintah telah membuat keputusan terkait mudik Lebaran 2020. Masyarakat dilarang mudik.

"Saya ingin megambil sebuah keputusan. Setelah larangan mudik bagi ASN, TNI, Polri yang telah kita lakukan minggu lalu. Pada rapat hari ini, mudik semuanya akan kita larang," tegas Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (21/4).

Jokowi menuturkan keputusan ini dibuat berdasarkan sejumlah hal. Yakni, hasil kajian di lapangan, pengalaman di lapangan, serta survei dari Kementerian Perhubungan.(OL-5)

Baca Juga

Medcom.id

Sudah 63.029 Desa Terima BLT Dana Desa

👤Iam/X-7 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:10 WIB
Beberapa masalah terhambatnya penyaluran BLT dana desa, antara lain adanya kepala desa yang baru dilantik saat penyaluran BLT. Selain itu,...
MI/FERDINANDUS RABU

Mengunjungi Rumah-Rumah demi Minat Baca Anak

👤Ferdinandus Rabu/X-7 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:50 WIB
Upaya yang dilakukan dari rumah ke rumah itu bertujuan agar minat baca anak tetap terjaga di tengah pandemi covid-19 saat...
Antara

Tidak Ada Kasus Baru di 7 Provinsi

👤Ifa/Pra/X-10 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:35 WIB
Hingga kemarin, sebanyak 6.057 pasien covid-19 dinyatakan sembuh. Angka itu meningkat sebanyak 180 orang dari hari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya