Sabtu 23 Mei 2020, 09:35 WIB

Kantongi SIKM, 397 Warga Diizinkan Keluar Masuk Jabodetabek

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Kantongi SIKM, 397 Warga Diizinkan Keluar Masuk Jabodetabek

ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Petugas Kepolisian mengecek identitas mobil pribadi yang melintasi tol Jakarta-Cikampek di Cikarang Barat,

 

SATU pekan sejak dibukanya layanan pengurusan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi DKI Jakarta melaporkan sudah 104.880 warga yang berhasil mengakses perizinan surat tersebut. Dari jumlah tersebut, hanya 3.475 permohonan SIKM yang diproses oleh DKI.

"397 permohonan dinyatakan telah memenuhi persyaratan sehingga SIKM dapat diterbitkan secara elektronik per 22 Mei," ungkap Kepala Dinas PTSP Benni Aguscandra dalam keterangan resminya, Jakarta, Sabtu (23/5).

Laporan lainya ialah 422 permohonan pengajuan SIKM dari warga masih menunggu divalidasi dan 2002 permohonan ditolak oleh DKI.

Salah satu alasan tidak disetujui karena kegiatan perjalanan warga tidak termasuk dalam penugasan atau bidang pekerjaan di sebelas sektor yang diizinkan selama pandemi covid-19.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Penumpang di Stasiun Gambir Wajib Tunjukkan SIKM

Sesuai Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi DKI Jakarta dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19, SIKM diberikan kepada orang atau pelaku usaha yang penugasanya mendesak.

"Laporan lainya ialah 654 permohonan baru diajukan per Jumat (22/5) sore, sehingga Pemprov DKI Jakarta masih terus melakukan penelitian administrasi dan teknis permohonan terhadap perizinan tersebut," pungkas Benni.

Bagi warga yang mengurus SIKM harus mengisi formulir permohonan secara daring melalui corona.jakarta.go.id dan melengkapi persyaratan seperti surat pengantar dari Ketua RT yang diketahui Ketua RW tempat tinggalnya dan berkas lain seperti surat pernyataan sehat bermaterai.

Ada surat keterangan perjalanan dinas keluar Jabodetabek, surat keterangan bekerja bagi setiap orang yang tempat kerjanya berada di luar Jabodetabek atau bagi pelaku usaha dilengkapi dengan surat keterangan memiliki usaha di luar Jabodetabek yang diketahui oleh pejabat yang berwenang dan bagi orang asing memiliki KTP-el/izin tinggal tetap.(OL-5)

Baca Juga

MI/Bary Fatahillah

Status PSBB Jakarta Belum Jelas, Warganet Riuh di Medsos

👤Imsi Nantika Jelita 🕔Rabu 03 Juni 2020, 22:23 WIB
Ketua II Gugus Tugas Covid-19 DKI Jakarta, Catur Laswanto meminta warga menunggu kabar resmi tersebut....
AFP

H-1 PSBB, 4.074 Perusahaan di DKI Masih Terapkan WFH

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 03 Juni 2020, 21:19 WIB
Sebanyak 4.074 perusahaan di DKI masih konsisten menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menjelang H-1 masa...
Antara

DPRD : DKI Bakal Terapkan PSBB Transisi Selama 1 Bulan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:33 WIB
Skema PSBB transisi selama satu bulan dirancang dengan monitoring dan evaluasi yang ketat dihampir tiap aktivitas warga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya