Sabtu 23 Mei 2020, 06:04 WIB

Persiapan Timnas Piala Dunia U-20 Harus Baik Meski Pandemi

Antara | Sepak Bola
 Persiapan Timnas Piala Dunia U-20 Harus Baik Meski Pandemi

MI/PIUS ERLANGGA
Menpora Zainudin Amali (tengah)

 

MENTERI Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali menyatakan persiapan timnas Piala Dunia U-20 pada 2021 harus tetap bagus meski di tengah pandemi covid-19.
  
"Kita harus pastikan persiapan timnas berjalan baik meskipun situasi sekarang seperti ini," kata Zainudin dalam laman PSSI, Sabtu (23/5).
  
Zainudin bertemu dengan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk membahas persiapan Piala Dunia U-20 di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat. Menpora menyatakan, Presiden Joko Widodo sangat memerhatikan semua hal terkait Piala Dunia U-20 tahun depan itu, termasuk target timnas untuk tak sekadar numpang lewat pada ajang itu. Untuk membentuk timnas yang solid dan berkualitas para pemain mesti ditempa di kompetisi, kata dia, namun menyadari sepak bola tanpa kegiatan di tengah pandemi.
  
"Saya mendengar klub-klub maunya kompetisi berhenti saja, tapi bagaimana kemudian dengan persiapan timnas? Kita mengetahui bahwa pada Oktober 2020 timnas senior juga akan bermain di Kualifikasi Piala Dunia yang akan menentukan peringkat Indonesia di FIFA," kata dia.
  
"Demikian pula timnas U-16 di Piala AFC serta tentu saja timnas U-19 untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021," lanjutnya.
  
Dia mengatakan, bersama Ketua Umum PSSI, menunggu kepastian status tanggap darurat covid-19 dari BNPB. Pemerintah Indonesia menetapkan status keadaan tertentu darurat bencana wabah covid-19 di Tanah Air pada 29 Februari-29 Mei 2020. PSSI sendiri memutuskan jika pemerintah memperpanjang status keadaan tertentu darurat bencana wabah virus corona maka Liga 1 dan 2 Indonesia 2020 yang kini tengah diliburkan sementara akan dihentikan.
  
Namun kalau pemerintah menghentikan masa darurat, maka PSSI akan melanjutkan Liga 1 dan 2 musim 2020 mulai 1 Juli 2020.
  
"Namun, pemerintah sudah menegaskan, kita harus hidup berdampingan dengan virus korona. Protokol kesehatan akan dijalankan sangat ketat, tetapi pemulihan ekonomi termasuk kegiatan olahraga akan mulai menyesuaikan. Kata kuncinya adalah kita harus tetap produktif di saat pandemi," terang Zainudin.

baca juga: Hertha Menang Besar Dalam Derbi Berlin
  
PSSI, Kemenpora dan BNPB akan bersama-sama menyiapkan kajian dan asistensi terkait rencana kembali bergulirnya kegiatan olahraga pascapengumuman terkait status baru tanggap darurat pada 29 Mei 2020. Dalam pertemuan dengan Menpora, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meloporkan bahwa, "Kami terus berkoordinasi dengan FIFA terkait
persiapan Piala Dunia U-20 2021, termasuk menyiapkan rencana bisnis. Demikian pula mengenai kesiapan tim nasional U-19 yang tahun depan akan bertanding di ajang itu. (OL-3)

Baca Juga

AFP/Tobias Schwarz

Zorc Tepis Asa Dortmund untuk Salip Muenchen

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 01 Juni 2020, 13:26 WIB
Nada pesimistis justru keluar dari Direktur Olahraga Dortmund Michael Zorc yang memastikan Muenchen akan tetap memegang trofi akhir...
AFP/JOSEP LAGO

Inilah Jadwal Restart La Liga

👤Antara 🕔Senin 01 Juni 2020, 07:11 WIB
Bergulirnya lagi musim ini akan diawali dengan pertandingan derbi antara Sevilla dan Real Betis pada 11 Juni dan akan ada beberapa...
AFP/Lars Baron

Hattrick Sancho Bawa Dortmund Menang 6-1 atas Paderborn

👤Antara 🕔Senin 01 Juni 2020, 06:35 WIB
Tambahan tiga poin merestorasi selisih tujuh poin Dortmund (60) dari pemuncak klasemen Bayern Munich...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya