Sabtu 23 Mei 2020, 03:40 WIB

BIN Proaktif Gelar Tes Swab di Daerah Episentrum Covid-19

Antara | Humaniora
BIN Proaktif Gelar Tes Swab di Daerah Episentrum Covid-19

ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Petugas medis mengambil sampel darah warga saat rapid test massal di Depok, Jawa Barat, Jumat (22/5) yang digelar BIN.

 

BADAN Intelijen Negara (BIN) proaktif membantu pemerintah mempercepat penanganan wabah virus korona (Covid-19) dengan menggelar tes cairan tenggorokan (swab) terhadap warga di kawasan episentrum.

"Tim kita berputar di wilayah Jakarta dan juga wilayah penyangga khususnya seperti Depok, Bogor dan Banten," kata Staf Khusus KaBIN, Mayor Jenderal Neno Hamriono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (22/5).

Neno menyatakan keterlibatan BIN membantu pemerintah menangani wabah Covid-19 sesuai instruksi Kepala BIN Budi Gunawan. Neno mengatakan BIN bersama Pemerintah Kota Depok Jawa Barat dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Depok memeriksa 300 orang di Giant Tole Iskandar, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Cilodong, Jumat (22/5).

Neno menuturkan BIN akan membantu pemerintah daerah untuk mendalami dan menelusuri potensi klaster baru di zona merah dengan tingkat penyebaran Covid-19 tinggi.
 
Saat tes, BIN menyediakan 500 Rapid Test Kit dan mengerahkan dua unit mobil laboratorium untuk tes swab yang mampu mengetahui hasilnya selama lima jam. Hasilnya menunjukkan 25 orang dari 300 warga yang menjalani pemeriksaan dinyatakan reaktif 19 sehingga dilanjutkan tes swab.

"Ini kesempatan yang baik sekali bagi kita karena masyarakat yang terindikasi reaktif, tidak perlu menunggu lama. Hanya lima jam untuk proses PCR," ujar Neno.
 
Wali Kota Depok Muhammad Idris mengapresiasi tes cepat massal yang dilakukan BIN karena membantu Pemkot Depok menyisir dan mengidentifikasi penyebaran COVID-19 di wilayah penyangga Jakarta itu. "Nanti dengan tes cepat ini, kemungkinan besar terjadi peningkatan pasien positif. Tetapi penambahannya melandai, di samping yang positif meningkat dan yang sembuh juga meningkat. Ini mudah-mudahan bisa menyelesaikan masalah ini," tutur Idris. (R-1)

Baca Juga

ANTARA/FAKHRI HERMANSYAH

​​​​​​​Warga yang Belum Pernah Menerima Bantuan Jadi Prioritas

👤Gana Buana 🕔Senin 01 Juni 2020, 10:27 WIB
Warga yang belum pernah bantuan dari manapun diprioritaskan. Mekanisme tersebut ditempuh melalui musyawarah...
Medcom.id

Pemerintah Terus Berupaya Capai 10 Ribu Tes Spesimen per Hari

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 01 Juni 2020, 09:19 WIB
Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, pada Minggu (31/5), jumlah spesimen yang diperiksa...
MI/BARRY FATHAHILLAH

Kemenkes Sebut Kasus DBD Melandai

👤Atalya Puspa 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:57 WIB
Meskipun kini kasus DBD terkendali, Kemenkes tetap mendorong masyarakat agar melakukan pemberantasan sarang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya