Jumat 22 Mei 2020, 22:23 WIB

Anies Ingatkan Libur Lebaran di Rumah Saja

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies Ingatkan Libur Lebaran di Rumah Saja

MI/Susanto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar masyarakat Jakarta tetap berada di rumah saat libur lebaran. Ia mengingatkan Jakarta saat ini masih berada dalam status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 3 hingga 4 Juni.

Ia menegaskan jangan ada pelonggaran dari kedisiplinan yang telah dibangun sejak dua bulan lalu untuk melawan penyebaran virus korona atau covid-19.

Dia mengklaim, perlawanan yang dilakukan masyarakat Jakarta telah membuahkan hasil menurunnya tingkat penularan. Anies pun mengingatkan agar hal itu terus dilakukan meski sedang masa lebaran yang selalu dimanfaatkan sebagai masa menjalin tali silaturahami.

"Karena itu saya ingin menggarisbawahi. Pertama, tetaplah berada di rumah pada hari menjelang lebaran, di hari lebaran, dan di hari-hari sesudah lebaran. Artinya jangan sampai kita melonggarkan diri atau melupakan kedisiplinan yang sudah kita jaga dua bulan supaya kita tidak harus kembali pada situasi di bulan Maret," kata Anies dalam konferensi pers di Balai Kota, Jumat (22/5).

Baca juga: Pemprov DKI akan Tindak Tegas Warga Nekat Takbiran

Anies juga menyatakan imbauan ini sejalan dengan seruan yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI). Seruan ini pun relevan untuk seluruh wilayah dan bukan hanya bagi warga Jakarta.

"Bila ada yang bertanya apakah ada kampung hijau, kampung kuning, kampung merah, sesungguhnya Jakarta adalah satu kesatuan. Jakarta, Jabodetabek, masih merupakan satu kesatuan episenter di dalam penanganan wabah covid-19," tukasnya.

Karena hal itulah, Anies berpendapat tidak ada wilayah yang benar-benar bisa dikategorikan aman atau tidak aman. Semua saling berkaitan.

Ia juga mengimbau dalam melaksanakan takbir, agar masyarakat tidak melaksanakan takbir keliling. Namun, takbir Idulfitri bisa dilakukan di rumah. Sementara bagi warga yang tetap ingin menggelar takbir di musala atau masjid jumlahnya dibatasi hanya lima orang dan dapat dilakukan secara bergantian.(X-15)

Baca Juga

Antara/Indrianto eko Suwarso

Mulai 8 Juni, headway MRT Tiap 5 Menit di Jam Sibuk

👤Putri Anisa Yuliani/Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 23:39 WIB
Sementara itu, mulai 8 Juni mendatang, MRT kembali memperpendek headway. Kereta MRT akan tiba tiap 5 menit di jam sibuk pada hari kerja dan...
MI/Pius Erlangga

Ganjil-Genap Sepeda Motor Saat PSBB Transisi, Warganet Girang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:47 WIB
"Pembatasan motor itu perlu, harus didukung. Kualitas bahan bakar buruk, motor penyumbang polusi tertinggi di Jakarta,: kata salah...
Antara/Fauzan

1,6 Juta Orang Keluar Jakarta saat Larangan Mudik Berlaku

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:05 WIB
"Total kendaraan yang keluar Jakarta sejak itu ada 465.583 kendaraan dengan total 1,6 juta penumpang," kata Kepala Dinas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya