Jumat 22 Mei 2020, 18:55 WIB

Langgar PSBB, 11.703 Warga/Badan Usaha Diberi Sanksi

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Langgar PSBB, 11.703 Warga/Badan Usaha Diberi Sanksi

Antara/Akbar Nugroho Gumay Pelanggar PSBB dikenai sanksi membersihkan area di Pasar Tanah Abang (13/5)
Pelanggar PSBB dikenai sanksi membersihkan area di Pasar Tanah Abang (13/5)

 

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP telah memberikan sanksi pada11.703 warga dan badan usaha sejak 30 April hingga 21 Mei.

Sanksi yang diberikan sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) No. 41 tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Pelanggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

"Sanksinya sesuai ketentuan Pergub No. 41 Tahun 2020. Sanksinya macam-macam, mulai dari teguran, sanksi kerja sosial, sanksi penyegelan kalau dia tempat usaha, dan juga ada sanksi denda," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin di Balai Kota, Jumat (22/5).

Menurut Arifin, sanksi diberikan sesuai kadar pelanggaran yang diberikan. Sejauh ini sanksi teguran tertulis menjadi yang paling banyak diberikan, yakni sebanyak 8.511.

Baca juga: Lelang Ulang Motor Jokowi Dimenangkan Putra Harry Tanoesoedibjo

Sanksi kerja sosial dijatuhkan pada 1.718 orang. Untuk penyegelan tempat usaha dikenakan pada 452 tempat usaha. Sementara sanksi denda administratif telah diberikan pada 392 orang dan tempat usaha.

"Untuk denda, yang sudah menyetorkan kas daerah sudah hampir Rp350 juta," lanjut Arifin.

Banyaknya sanksi denda, imbuh Arifin, bukan berarti Pemprov DKI mengincar pendapatan dari sektor ini. Akan tetapi sanksi denda diberikan agar ada efek jera kepada perorangan maupun badan usaha.

"Ini sekali lagi bukan mengejar sanksi dendanya. Bukan. Tapi kita ingin menunjukkan bahwa pelanggar akan dikenakan sanksi. Kita tidak akan berhenti dan akan terus melanjutkan. Hari ini saya bergerak. Nanti malam pun saya akan bergerak," tegasnya.(OL-14)

Baca Juga

Dok. Lapas klas IIA Tangerang

Tingkatkan Layanan, Ini Inovasi Lapas Klas IIA Tangerang

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 01:32 WIB
Inovasi itu merupakan terobosan baru sebagai solusi terbaik untuk tetap memberikan hak kunjungan warga binaan dengan tetap mengikuti...
Ilustrasi

Waspada, Ada Peringatan Dini Puting Beliung Terjang Jakarta

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 00:16 WIB
BPBD DKI menyebut penyebab angin kencang karena daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari...
Ilustrasi

Angka Kejahatan Tunjukkan Tren Menurun di Minggu Ke-32 2020

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 23:57 WIB
“Yang pertama, narkoba 681 kejadian, kasus pencurian dengan pemberatan 531 kejadian, ketiga, kasus penggelapan sebanyak 400, keempat,...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya