Jumat 22 Mei 2020, 17:55 WIB

DPRD Minta Anies Jangan Terpaku dengan Hasil Riset Covid-19

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
DPRD Minta Anies Jangan Terpaku dengan Hasil Riset Covid-19

MI/Pius Erlangga
Pembatasan Sosial Berskala Besar di DKI Jakarta memasuki tahap ke-3

 

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani meminta Gubernur Anies Baswedan jangan terus terpaku dengan hasil data yang menyebutkan pembatasan sosial berskala besar efektif diberlakukan di Jakarta, sehingga membuat penurunan penularan covid-19.

"Walapun hasil riset bilang tren yang tinggal di rumah semakin menurun selama Ramadan. Tapi, banyak warga yang keluar mencari takjil dan ngabuburit selama PSBB," terang Zita, Jakarta, Jumat (22/5).

Hal inilah, kata Zita, yang mesti menjadi penilaian yang objektif bagi Anies bahwa fakta di lapangan menjelang lebaran kerumunan warga dianggap tak terbendung. Mereka pergi berbelanja ke pasar-pasar tradisional untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Fitri

"Untungnya warga ada yang menggunakan masker karena di sini bisa didenda kalau tidak menggunakannya," kata Zita.

Baca juga: 360 Petugas Satpol PP DKI Berjaga di Belasan Check Point

PSBB ketiga di DKI yang akan berakhir pada 4 Juni mendatang, diwacanakan bakal menjadi tahapan terakhir. Oleh karenanya Zita menyebut Pemprov DKI harus siap memasuki The New Normal atau fase baru normal. Warga DKI, katanya, cenderung memang berubah pola aktivitasnya.

Sebelumnya, Gubernur Anies menegaskan perpanjangan status PSBB DKI Jakarta berdasarkan kajian ilmiah dari tim ahli epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia (FKM UI). Berdasarkan data yang telah dihimpun, ia menyebut efektivitas proporsi masyarakat yang berada di rumah dengan penurunan angka kasus harian covid-19.

"Makin banyak orang berada di rumah, makin kecil penularan. Mulai Maret, angka proporsi berada di rumah meningkat sampai 60%. Apa yang terjadi? Kira-kira dua minggu kemudian, pelan-pelan laporan kasus Jakarta ini mulai menurun. Penurunan (kasus) ini hanya terjadi karena kita sudah mulai meningkat berada di rumahnya,” jelas Gubernur Anies dalam keterangan resminya, Jakarta (19/5) lalu. (OL-14)

Baca Juga

MI/BARRY FATHAHILLAH

Pelanggaran PSBB di Jakarta Hampir Sentuh Angka 80 Ribu

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 29 Mei 2020, 11:36 WIB
"Sampai Kamis kemarin total ada 79.930 pelanggaran," ungkap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus melalui...
Diskominfotik DKI Jakarta

Masa Transisi ke New Normal, Anies Cek Kesiapan Faskes

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 29 Mei 2020, 11:26 WIB
Kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat kesiapan faskes hingga level kelurahan jika PSBB berakhir, 4 Juni 2020...
MI/ANDRI WIDIYANTO

​​​​​​​Pelanggaran Kendaraan Tanpa SIKM Meningkat 7%

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 29 Mei 2020, 10:59 WIB
Pada Kamis kemarin ada 3.095 kendaraan bermotor yang ditindak karena tidak dapat menunjukan Surat Izin Keluar Masuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya