Jumat 22 Mei 2020, 10:05 WIB

Trend Online Bisa Jadi Kunci Ekonomi Indonesia di Masa Pandemi

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Trend Online Bisa Jadi Kunci Ekonomi Indonesia di Masa Pandemi

Dok.SEA Group
Pandu P Sjahrir, mengungkapkan rasa optimisnya terhadap kondisi Indonesia pascapandemi covid-19.

 

PANDEMI covid-19 yang berlangsung di Tanah Air memang sudah merusak  perekonomian masyarakat. Namun Presiden Komisaris SEA Group, Induk Perusahaan dari Shopee, Pandu P Sjahrir, mengungkapkan rasa optimisnya terhadap kondisi Indonesia pascapandemi covid-19. Menurutnya, banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan dengan terjadinya perubahan kebiasaan masyarakat ketika menjalani masa pandemi.

“Jadi dengan adanya perubahan ini semuanya berubah seperti shock waves. Orang melakukan telekomunikasi meeting sekarang pakai video call, belanja secara online,  work from home (bekerja dari rumah)," jelas Pandu Sjahrir dalam keterangan rilisnya.

Baca juga: E-Commerce Berkontribusi pada Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Pandu menjelaskan bahwa kebijakan work from home yang harus dijalani masyarakat beberapa bulan terakhir akan turut merubah perilaku serta kebiasaan masyarakat, dan hal itu irreversible atau akan berlaku seterusnya. Termasuk juga kebiasaan dalam belanja dengan menggunakan platform online.

Menurutnya, masa pandemi seperti sekarang bukan hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, namun juga perekonomian. Menyadari hal tersebut, pihaknya juga menggunakan kesempatan saat itu untuk mendukung penuh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang selama ini selalu menjadi penopang roda perekonomian Indonesia, terutama dalam masa krisis.

“Sekarang ada program pemerintah, yaitu Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Presiden minta kita semua platform e-commerce bersatu untuk  bisa membantu UMKM yang selama pandemi ini kesulitan mencari pasar. Ini bantuannya full, kita bantu 100%  masuk platform tanpa bayar biaya apapun. Artinya, kita tidak akan membebankan biaya apapun pada penjual, karena kita ingin lebih banyak UMKM di masyarakat yang mau memanfaatkan platform, karena berbelanja online akan menjadi trend masa depan," tambahnya.

Selain dukungan terhadap UMKM, Pandu yang sudah menanamkan investasinya di Shopee sejak tahun 2014 mengatakan bahwa bantuan paling besar yang bisa diberikan kepada masyarakat terutama UMKM selama pandemi ini adalah pengetahuan mengenai wiraswasta dengan memanfaatkan teknologi. Ia pun meyakini bahwa orang Indonesia adalah orang yang sangat kuat dalam bidang kewirausahaan dan beradaptasi dengan teknologi digital, sehingga akan mampu membuat catatan sejarah bahwa kehidupan masyarakat akan segera membaik setelah pandemi berlalu.

“Orang Indonesia itu pintar, selalu saja ada yang bisa dijual dan sangat kreatif. Alhamdulillah penduduk kita muda-muda, jadi daya bekerja kita juga cukup bagus. Ini kesempatan kita, ini saatnya kita untuk menulis sejarah kita sendiri,” tutupnya. (RO/A-1)

 

Baca Juga

Istimewa

Moeldoko dan Fadli Zon Sepakat Akhiri Dualisme HKTI

👤Antara 🕔Kamis 28 Mei 2020, 22:05 WIB
Kedua pimpinan HKTI ini melihat kesejahteraan petani dan pertanian menjadi tugas bersama dan keduanya sepakat menyisihkan konflik yang...
Istimewa

Kemenaker Apresiasi Bantuan Kesehatan untuk Pekerja Migran

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Mei 2020, 22:04 WIB
Para mantan pekerja migran merupakan kelompok yang turut terdampak pandemi covid-19). Sampai saat ini sekitar 70 ribu pekerja migran harus...
Antara/Nova Wahyudi

Ini Yang Disampaikan Menko Airlangga ke DPR Soal Kenormalan Baru

👤M Ilham Ramadhan 🕔Kamis 28 Mei 2020, 21:35 WIB
Data yang tersaji menunjukkan beberapa daerah yang telah siap untuk menerapkan new...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya