Jumat 22 Mei 2020, 14:05 WIB

Mahfud MD: Mari Salat Idulfitri dengan Khusyuk di Rumah

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Mahfud MD: Mari Salat Idulfitri dengan Khusyuk di Rumah

MI/MOHAMAD IRFAN
Menko Polhukam Mahfud MD

 

MENJELANG Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah, yang diperkirakan akan jatuh pada Minggu (24/5), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengajak umat islam untuk menunaikan ibadah shalat Ied dari rumah masing-masing. 

Hal itu guna menghindari adanya kerumuman yang berpotensi menularkan Novel Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).  

"Dalam suasana pandemi Covid-19 mari laksanakan salat Ied dan menerima tamu di rumah dalam jumlah yang terbatas," ujar Mahfud melalui video konferensi singkat di Jakarta, pada Jumat (22/5).

Baca juga: Presiden Tiadakan Open House Lebaran Tahun Ini

Ia menegaskan beribadah shalat Idul Fitri di rumah  sangat kuat dianjurkan oleh pemerintah setelah membaca seruan-seruan dari lembaga keagamaan seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah dan lain-lain. 

Disampaikannya, imbauan shalat Ied di rumah,  bukan hanya dilakukan di Indonesia sholat tetapi juga Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi juga ditutup demi menyelamatkan kaum muslimin dari penularan Covid-19.

"Dari kediaman di Jakarta Selatan, mari salat Ied di rumah dengan khusyuk begitu juga halalbihalal tidak harus berkerumun tapi bisa melalui virtual atau kalau terpaksa bertemu dengan keluarga inti saja dengan membatasi waktu dan tetap menjaga jarak," pesan Mahfud. (A-2)

Baca Juga

MI/USMAN ISKANDAR

Tetap Jaga Pengamalan Pancasila di Tengah Pandemi

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 06:25 WIB
Pertimbangan penetapan hari lahir Pancasila ialah untuk melengkapi sejarah ketatanegaraan...
Dok. Mabes Polri

Penghina Presiden Terancam Pasal Berlapis

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 06:10 WIB
KEPALA Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan tersangka Ruslan atau Ruslan Buton terancam pasal berlapis jika...
MI/Panca Syurkani

Pemda Berperan Penting Atasi Perubahan Iklim

👤Fer/X-10 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:52 WIB
Indonesia telah menerapkan kebijakan holistik dan integral dalam mempertahankan dan meningkatkan ketahanan nasional, yang memerlukan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya