Jumat 22 Mei 2020, 07:50 WIB

Kerugian Bencana Musim Penghujan Bertambah

MI | Nusantara
Kerugian Bencana Musim Penghujan Bertambah

Dwi Apriani
Bencana banjir yang terjadi di Musi Rawas Utara yang menyebabkan rumah warga terendam banjir. Selain itu banjir juga terjadi di OKU Selatan

 

AKHIR musim penghujan masih menyisakan bencana. Di Sumatra Selatan, kemarin, empat kabupaten dan kota dilanda banjir dan tanah longsor setelah hujan deras mengguyur sejak Selasa (19/5).

Luapan sejumlah sungai mengepung sejumlah desa di Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas utara, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, dan Empat Lawang. "Curah hujan masih tinggi, diikuti angin kencang masih terjadi di akhir musim kemarau. Kami tetap menyiagakan personel dan peralatan untuk menanggulangi banjir dan tanah longsor," kata Kabid Penanganan Kebencanaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatra Selatan, Ansori.

Banjir dilaporkan menggena ngi belasan rumah dan sekolah, juga beberapa hekta re sawah. Belum ada laporan terkait korban. "BPBD telah menyerahkan bantuan pangan untuk warga yang mengungsi, membuat posko darurat, dan mem bangun tenda pengungsian."

Di sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur, hujan deras juga masih melanda. Di Desa Kaliuda, Pahungga Lodu, Sumba Timur, hujan menyebabkan banjir bandang. Akibatnya, hasil panen sekitar 230 petani yang masih berada di sawah terbawa arus air. Sejumlah ternak, tanaman, dan 44 rumah ikut hanyut. "Petani di sini sedang panen, hasil panennya ditinggalkan di sawah untuk dijemur sebelum dibawa pulang ke rumah. Ada juga yang belum selesai proses perontokan. Semuanya hanyut terbawa banjir," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Sumba Timur, Mikail Jakalaki. (DW/PO/N-2)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Penumpang KM Fajar Mulia Dikarantina di Raja Ampat

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 10:15 WIB
Mereka yang melakukan perjalanan ke luar daerah harus memiliki dokumen atau surat lengkap. Ia berharap agar masyarakat tetap menaati...
ANTARA/Septianda Perdana

Pasien Positif Covid-19 di Pematangsiantar Bertambah 6 Orang

👤Apul Iskandar 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 10:03 WIB
Saat ini, pasien positif covid-19 di Pematangsiantara menjadi 13...
ANTARA/Bayu Pratama S

Kasus Covid-19 di Kalsel Diprediksi Tembus 1.000 pada Awal Juni

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:30 WIB
Saat ini, jumlah warga Kalsel yang positif terpapar virus korona sudah sebanyak 893...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya