Jumat 22 Mei 2020, 07:40 WIB

KSAL-KSAU Baru Jamin Keamanan Teritorium

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
KSAL-KSAU Baru Jamin Keamanan Teritorium

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bersiap mengikuti upacara pelantikan di Istana Negara, Jakarta.

 

PRESIDEN Joko Widodo melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yang baru dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Seusai pelantikan, Yudo dan Fadjar mengatakan operasi pengamanan teritorium NKRI akan terus berjalan seperti biasa meski di tengah pandemi covid-19.

“Karena sekarang musim pandemi, kita tetap menjaga diri dengan physical distancing, menggunakan masker, tentunya untuk operasional supaya (personel) tidak terpapar korona. Kita menjaga unsur-unsur operasional tetap melaksanakan operasi atau patroli kedaulatan hukum negara,” tegas Yudo seusai dilantik Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/5).

Fadjar menyebut Presiden menitipkan pesan kepada para kepala staf untuk tetap maksimal melakukan pengamanan wilayah. Untuk keamanan wilayah udara, ia memastikan kesiapsiagaan pengamanan di wilayah perbatasan akan di tingkatkan. Operasi rutin tetap digelar seperti biasa.

“Penekanan khususnya TNI-AU ialah pengamanan wilayah udara di perbatasan dan ini akan saya tindak lanjuti meskipun situasi sedang seperti ini, sedang ada pandemi covid-19. Tapi kesiapsiagaan kami akan terus ditingkatkan,” ucap Fadjar.

Terkait dengan program ke depan, Yudo dan Fadjar menyebut akan meneruskan garis kebijakan yang telah ditetapkan kepala staf sebelumnya. Untuk angkatan laut, salah satunya peningkatan alutsista seperti sistem senjata armada terpadu (SSAT) yang meliputi kapal perang atau KRI, marinir, dan pangkalan ataupun armada pesawat. *Yudo menjabat KSAL untuk menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang memasuki masa pensiun.

Sebelum menjabat KSAL, ia merupakan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I. Fadjar menggantikan Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Fadjar sebelumnya menjabat Pangkogabwilhan II.

Pengangkatan dua perwira tinggi TNI tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 32 dan 33 Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut serta Kepala Staf Angkatan Udara. Itu juga dilandasi Keputusan Presiden Nomor 34 dan 35 Tahun 2020 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Tinggi TNI.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) KSAL dari Laksamana TNI Siwi Sukma Adji kepada Laksamana TNI Yudo Margono di Gedung Utama Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu.

Berdasarkan keterangan resmi dari Puspen TNI, upacara sertijab diawali dengan pembacaan memorandum dari Laksamana TNI Siwi kepada Laksamana TNI Yudo selama kurun waktu 25 Mei 2018 sampai dengan 20 Mei 2020. Hal itu dimaksudkan untuk menjelaskan secara garis besar kegiatan yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan, sebagai bahan pertimbangan KSAL yang baru dalam melaksanakan tugasnya.


Kenaikan pangkat

Sesuai dengan tradisi yang berlaku di lingkungan TNI, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menerima laporan pelaksanaan penaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi terhadap 79 pati TNI. Perinciannya 70 pati TNI-AD, 3 TNI-AL, dan 6 TNI-AU, di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu.

Pelaksanaan penaikan pangkat 79 Pati TNI tersebut berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/968/V/2019 tanggal 18 Mei 2020. Tradisi laporan itu dikenal dengan istilah laporan korps kenaikan pangkat pati TNI. (Cah/Ind/P-3)

Baca Juga

Ist/DPR

Berbagi Pengalaman Menghadapi Covid-19 dengan Beberapa Negara

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:02 WIB
Adalah 41 peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan XLV Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang...
Antara/Septianda Perdana

KSP Minta Tokoh Masyarakat Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 05 Juni 2020, 20:14 WIB
Moeldoko menyebut protokol kesehatan pada masa kenormalan baru harus menjadi pola hidup baru di...
Ilustrasi

Densus 88 Amankan Satu Terduga Teroris dan Bahan Peledak

👤Antara 🕔Jumat 05 Juni 2020, 18:40 WIB
Densus 88 bersama Tim Gabungan Resmob dan Datasemen Khusus Antiteror Polda Kalbar mengamankan terduga teroris berinisial AR (21) beserta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya