Jumat 22 Mei 2020, 05:00 WIB

Wujudkan Pendidikan yang Inklusif

RO/H-2 | Humaniora
Wujudkan Pendidikan yang Inklusif

ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Siswa penyandang disabilitas, mengerjakan soal ujian nasional (UN) menggunakan kakinya di SLB-D YPAC, Solo, Jawa Tengah.

 

PENDIDIKAN inklusif dalam sistem pendidikan nasional masih jauh dari selayaknya. Oleh karena itu, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong agar segera muncul gerakan untuk mengarusutamakan pendidikan inklusif di Tanah Air.

Pendidikan inklusif ialah sistem layanan pendidikan yang mengatur agar penyandang disabilitas dapat dilayani di sekolah terdekat di kelas reguler bersama teman seusianya.

“Bila dasar pemikiran yang dipakai dalam pemenuhan layanan pendidikan inklusif adalah hak asasi manusia, saya kira dorongan untuk mewujudkannya akan semakin besar,” ujarnya dalam diskusi daring bertema Pendidikan inklusif di masa pandemi covid-19, Rabu (20/5).

Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Pers, Dewan Pers, Asep Setiawan, mengatakan, pers bisa menjadi partner untuk mengangkat isu pendidikan inklusif ini ke permukaan agar menjadi diskursus di ruang publik. “Agar bisa segera terwujud,” katanya.

Analis Kebijakan Ahli Muda, Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Kemendikbud, Ngadirin, menyampaikan, pendidikan inklusif di Indonesia sudah memiliki dasar hukum UU No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan PP No 13 Tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas.

“Kendalanya ada di daerah. Dari 514 kabupatan/kota di Indonesia, baru 80 kabupaten/kota yang memiliki peraturan daerah yang mengatur pendidikan inklusif,” jelas Ngadirin.

Di masa pandemi covid-19, Direktur Eksekutif Yayasan Sukma, Ahmad Baedowi, mengingatkan, tantangan peserta didik dengan disabilitas jauh lebih berat. “Yang perlu mendapat pelatihan adalah para orangtua agar proses belajar dari rumah bisa berjalan dengan baik,” sebutnya. (RO/H-2)

Baca Juga

covid19.go.id/Riset MI-NRC

Pola Hidup Baru Turunkan Penularan Covid-19

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:47 WIB
Data terbaru pasien sembuh dari covid- 19 bertambah lagi 252 orang sehingga total pasien sembuh menjadi...
MI/BARY FATHAHILAH

Kemenag Beri Wewenang kepada Kecamatan

👤Ifa/Ins/JS/X-11 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:30 WIB
Kebijakan itu akan dievaluasi setiap bulan terkait dengan situasi pandemi. Bila ada rumah ibadah di sebuah kecamatan tapi sering digunakan...
Dok Instagram @armandmaulana04

Armand Maulana Hibur Tenaga Medis

👤MI 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:10 WIB
PENYANYI Armand Maulana, 49, telah menjalankan beragam aksi sosial selama pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya