Jumat 22 Mei 2020, 02:25 WIB

Inovasi akan Jadi Kunci UMKM Bertahan Selama Pandemi

Palce Amalo | Nusantara
Inovasi akan Jadi Kunci UMKM Bertahan Selama Pandemi

Antara/Moch Asim
Ilustrasi

 

KEPALA Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Nusa Tenggara Timur, I Nyoman Ariawan Atmaja menyebutkan inovasi akan menjadi kunci utama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bertahan di tengah pandemi korona. Program ini akan melibatkan berbagai sektor terutama antara lain  pemerintah daerah seperti dinas UMKM dan akademisi.

"Untuk itu, kita segera bikin program 'survive' UMKM selama covid ini. "Pertama, bangun semangat dulu, bagaimana bisa bangkit dari kondisi yang agak susah saat ini," katanya di Kupang, Kamis (21/5).

Menurut Nyoman, pihaknya akan menyiapkan sejumlah program, misalnya UMKM bisa melakukan inovasi memproduksi sayuran atau ikan. Dengan melakukan inovasi, pelaku UMKM di NTT diharapkan bisa melalui masa sulit ini.  

Nyoman mengatakan program itu dikucurkan karena kontribusi UMKM terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) NTT mencapai 99%. Terpukulnya sektor UMKM akibat pandemi korona akan berdampak terhadap perlambatan ekonomi.

Selama triwulan I 2020, perekonomian NTT tumbuh hanya 2,84% secara  tahunan (year on year/yoy), dibandingkan triwulan IV 2019 sebesar 5,32%. Diprediksi pada triwulan II 2020, pertumbuhan ekonomi NTT di bawah 2,84%. Perekonomian NTT diharapkan mulai bangkit pada triwulan III 2020. "Karena itu, mulai minggu depan kita mulai melakukan pemulihan ekonomi," tandasnya. (R-1)

 

Baca Juga

Medcom

Satu Karyawan Positif Covid-19, Toserba di Ciamis Ditutup

👤Kristiadi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 06:49 WIB
Salah satu karyawan perempuan berinisial R, 51, terkonfirmasi positif covid-19 dari hasil swab yang telah keluar dari Labkesda...
MI/Depi Iskandar

Anggota DPRD Bayuwangi Semprotkan Disinfektan di Zona Merah Covid

👤Usman Afandi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 06:30 WIB
Dengan memakai alat pelindung diri lengkap, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di rumah-rumah warga, hingga tempat ramai yang kerap...
 ANTARA FOTO/FB Anggoro/ama

Bank BJB Layani Bayar PKB via Bukalapak dan Indomaret

👤(RO/N-1) 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:50 WIB
BANK BJB bekerja sama dengan Tim Pembina Samsat Kepulauan Riau (Kepri) mengembangkan inovasi cara pembayaran pajak tahunan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya