Jumat 22 Mei 2020, 01:40 WIB

SIKM Berlaku Hari Ini

SIKM Berlaku Hari Ini

MI/Fransisco Carollio
Penerapan PSBB di DK Jakarta

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai hari ini melakukan pengawasan terhadap warga yang bermobilitas masuk dan keluar Ibu Kota dengan melakukan pemeriksaan kepemilikan surat izin keluar-masuk (SIKM).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, kemarin, mengatakan setiap warga yang hendak pergi keluar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) serta sebaliknya wajib memiliki SIKM sesuai Peraturan Gubernur No 47/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Akan ada 12 check point untuk kami melakukan pemantauan. Warga wajib menunjukkan SIKM Jakarta,” kata Syafrin.

Syafrin mengatakan pengawasan terhadap SIKM dilakukan mulai hari ini karena Pemprov DKI sebelumnya harus melakukan sosialisasi selama sepekan setelah Pergub 47/2020 diterbitkan. Pergub tersebut baru disahkan pada 14 Mei lalu.

SIKM Jakarta dapat diajukan secara daring melalui website Pemprov DKI Jakarta, corona. jakarta.go.id. Setelah masuk ke website tersebut, ada beberapa fitur, salah satunya fitur izin keluar-masuk Jakarta. Publik bisa memilih kategori sesuai kondisi masing-masing dan akan tertera persyaratan yang harus dilengkapi.

Seluruh persyaratan harus dipindai dan diunggah. Tidak ada penyerahan persyaratan secara fisik atau bentuk hardcopy dalam proses ini. Syafrin menyebut jika seluruh persyaratan diterima, izin akan beres dalam 1x24 jam.

“Artinya, proses untuk pengajuan izin pun di dalam website itu sangat user friendly. Siapa pun bisa melakukan proses dan ini sangat membantu untuk masyarakat, sangat sederhana,” ujarnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi DKI Benni Aguscandra mengatakan sejak Jumat (15/5) ada 67.001 pengguna berhasil mengakses perizinan SIKM dan tercatat 1.748 permohonan SIKM yang diterima.

Dari jumlah tersebut, 164 permohonan dari warga masih menunggu validasi, lalu sebanyak 557 permohonan ditolak atau tidak disetujui. “Sebanyak 50 permohonan dinyatakan telah memenuhi persyaratan sehingga SIKM dapat diterbitkan secara elektronik,” ujar Benni.

DKI juga mencatat, ada 977 permohonan baru yang diajukan kemarin. Warga diminta terus melakukan penelitian administrasi dan penelitian teknis permohonan terhadap perizinan SKIM tersebut.

Pengajuan SIKM yang ditolak, kata Benni, karena warga tidak dapat memenuhi ketentuan proses verifikasi dalam penelitian administrasi dan penelitian teknis perizinan. Sementara itu, pada periode H-7 sampai H-4 Lebaran 2020, PT Jasa Marga (Persero) mencatat sebanyak 306.682 kendaraan meninggalkan Jakarta.

Di tempat terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengungkapkan pada Rabu (20/5) malam merupakan rekor terbanyak kendaraan yang disuruh putar balik di tol.

“Ada 4.304 kendaraan diputarbalikkan dalam satu malam di tol. Sebanyak 4.221 di Cikarang Barat dan 83 di Cikupa,” jelasnya. Angka ini, sambungnya, belum termasuk pemudik yang menggunakan sepeda motor. (Put/Ins/Ssr/Sru/J-1)

Baca Juga

Antara/Risky Andrianto

Dilaporkan Mantan Istri, Vicky Prasetyo Ditahan di Rutan Salemba

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 07 Juli 2020, 21:34 WIB
"Kasus laporan Angle Lelga katanya Vicky melakukan perbuatan tidak menyenangkan dan fitnah," kata kuasa hukum Vicky, Ramdan...
MI/ANDRI WIDIYANTO

65% Pasien Positif Covid-19 di Jakarta Sembuh, 5% Meninggal Dunia

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 Juli 2020, 21:15 WIB
Sampai dengan hari ini kami laporkan, 405 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 3.379 orang melakukan self isolation di...
AFP/Brent Stirton

Ada Konser Drive-In, Ini Protokol Medis yang Disiapkan Promotor

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 Juli 2020, 21:13 WIB
Berlian Entertainment bekerja sama dengan pihak ketiga yakni Safety World untuk menangani teknis penerapan protokol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya