Jumat 22 Mei 2020, 00:55 WIB

Rencana Cadangan untuk Seri A

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Rencana Cadangan untuk Seri A

AFP

 

FEDERASI Sepak Bola Italia (FIGC) berencana menyiapkan format baru untuk Seri A. Skema anyar itu akan menjadi alternatif yang bisa ditempuh jika Seri A tak bisa dilanjutkan lagi akibat wabah virus korona baru (covid-19). 

Salah satu opsi yang bisa diambil ialah menggelar play-off singkat untuk penentuan juara, siapa yang lolos ke kompetisi Eropa, dan yang harus terkena degradasi.

“FIGC menyatakan keinginan melanjutkan dan menyelesaikan kompetisi profesional dengan 20 Agustus sebagai batas waktu untuk Seri A, B, dan C guna menutup kompetisi mereka,” demikian bunyi pernyataan FIGC seperti dilansir AFP.

Untuk saat ini, 20 Agustus sebagai batas akhir kompetisi akan diprioritaskan. Itu telah disepakati Presiden FIGC Gabriela Gravina, Presiden Seri A Paolo Dal Pino, dan perwakilan klub dalam pertemuan pada Rabu (20/5). Penentuan 20 Agustus dilakukan agar ada waktu untuk
menyelesaikan Coppa Italia yang menyisakan partai semifinal leg kedua antara Juventus dan AC Milan serta Napoli versus Inter Milan.

Selain itu, karena tenggat transfer pemain di Italia pada 31 Agustus. Jika sesuai rencana, Liga Italia musim depan bisa dimulai pada 1 September. Nasib Seri A sebenarnya belum juga bisa dipastikan lantaran Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora masih akan mengadakan pertemuan dengan otoritas sepak bola pada 28 Mei untuk memutuskan apakah kompetisi akan dimulai kembali atau dihentikan.

Sementara itu di Inggris, Liga Primer dikabarkan bakal disiarkan secara cuma-cuma. Menteri Kebudayaan Oliver Dowden mengatakan kesepakatan menyiarkan laga secara gratis ialah win-win solution bagi suporter dan klub.

“Saya pikir ada peluang bagi kita untuk mendapatkan beberapa olahraga, beberapa Liga Primer disiarkan secara gratis,” kata Dowden seperti dilansir dari The Guardian, kemarin.

Dowden mengaku pihaknya bersama otoritas sepak bola dan pemilik hak siar serius untuk mewujudkan rencana tersebut.

“Diskusi itu sedang berlangsung. Saya melakukan diskusi yang intens beberapa minggu yang lalu dan sekarang yang terbaru dengan Liga Primer, EFL, dan FA,” ungkapnya.


Butuh lampu hijau

Klub Liga Primer telah kembali berlatih pada Selasa (19/5) dengan protokol medis yang ketat dan menghindari kontak. Dowden berharap situasi terus membaik dan otoritas kesehatan bisa memberi lampu hijau bagi klub untuk berlatih secara tim dan dapat melakukan kontak fisik.

Walaupun telah diperbolehkan berlatih kembali, rupanya tetap ada pemain yang merasa cemas. Gelandang Chelsea N’Golo Kante dilaporkan absen dari sesi latihan hari kedua setelah the Blues diizinkan berlatih lagi.

Kante dinyatakan negatif covid-19 sehingga diizinkan berlatih pada hari pertama. Namun, tetap saja Kante merasa kurang nyaman dan khawatir dengan keamanannya selama latihan di tengah pandemi. Pihak klub pun memutuskan untuk tidak memaksa Kante kembali berlatih. (Skysports/R-3)
 

Baca Juga

AFP

Lampard: Lupakan Tottenham, Fokus Dulu Tundukkan Rennes

👤Widhoroso 🕔Selasa 24 November 2020, 21:15 WIB
Menghadapi Rennes, Lampard kemungkinan akan memainkan Kai Havertz dan Thiago Silva yang absen saat menang 2-0 atas Newcastle dalam laga...
AFP

Pemain Tottenham telah 'Dicuci Otak' oleh Mourinho!

👤Widhoroso 🕔Selasa 24 November 2020, 20:35 WIB
Jose Mourinho telah mengubah visi Harry Kane dan kolega untuk tampil all out di setiap laga. Akhir pekan lalu, sihir Mourinho sukses...
PSSI

Dua Pemain Dicoret, Timnas U-19 belum Putuskan Panggil Pengganti

👤Widhoroso 🕔Selasa 24 November 2020, 20:17 WIB
Pelatnas timnas Indonesia U-19 yang digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, sudah berlangsung sejak 16 November 2020. Sebanyak 38...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya