Kamis 21 Mei 2020, 19:50 WIB

Kampus Unas Bersatu Melawan Pandemik Covid-19

mediaindonesia.com | Humaniora
Kampus Unas Bersatu Melawan Pandemik Covid-19

Dok.Unas
Mahasiswa Universitas Nasional menggalang dana membantu penanggulangan Covid-19 di Tanah Air.

 

WABAH Covid-19 di Indonesia sangat berdampak terhadap ehidupan masyarakat. Selain membuat kondisi ekonomi negara dan masyarakat turun tajam, berbagai sektor industri turut merasakan imbas Covid-19, termasuk sektor pendidikan. Kegiatan belajar mengajar yang sedianya dilakukan di kampus, kini dialihkan di rumah menggunakan metode online learning sesuai anjuran pemerintah.

Hal ini tidaklah sulit bagi Universitas Nasional (Unas), perguruan tinggi swasta pertama di Jakarta yang melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan metode Blended Learning. Yaitu perpaduan perkuliahan onsite dan online sejak 2015 sudah diterapkan.

Untuk membantu mahasiswanya tetap melakukan kegiatan perkuliahan online, Universitas Nasional bekerja sama dengan operator telekomunikasi Telkomsel dan Indosat untuk memberikan layanan internet gratis kuota data 30 GB setiap bulan bagi mahasiswa dan dosen.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unas Dr. Zainul Djumadin, M.Si menyampaikan bantuan pengurangan biaya kuliah juga diberikan sebesar Rp100.000 untuk sekitar 10.000 mahasiswa aktif pada semester sedang berjalan.

"Dengan kata lain kami menyisihkan dana sebanyak Rp1 miliar untuk membantu mahasiswa terdampak covid-19. Keringanan batas waktu angsuran biaya kuliah juga diterapkan secara tepat sasaran," kata Zainul, dalam keterang tertulisnya, Kamis (21/5).

Selanjutnya, ada tambahan potongan biaya kuliah sebesar Rp150.000 dengan syarat dan prosedur tertentu di tiap fakultas serta bantuan sembako kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus. Bantuan diberikan oleh berbagai komunitas di Unas, seperti UNBC (Universitas Nasional Bikers Community) hingga komunitas dosen dan mahasiswa.

Beberapa fakultas dan program studi juga menggalang dana, seperti Program Studi Sosiologi dengan Program #PatunganKuota hingga Lumbung Beras yang digagas Prodi Administrasi Publik dan Himapublik untuk menjangkau keluarga prasejahtera. Selain itu, ada juga bantuan dari Fakultas Hukum dan Himakum dan program UNAS Peduli.

Kegiatan kemanusian juga di lakukan oleh Biker’s Community Universitas Nasional dengan membagi-bagi makanan gratis di tengah pandemi corona. Juga ada, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) yang menghimpun donasi dan memberikan sumbangan alat pelindung diri (APD) ke beberapa puskemas di wilayah Banten dan DKI Jakarta.

Hal sama dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional yang menjadi relawan penanggulangan covid-19 dan pencegahan covid-19 di berbagai rumah sakit di berbagai daerah di Indonesia.

Ia mengaku meskipun turut terdampak ekonomi, sebagai perguruan tinggi swasta yang taat asas dan aturan pemerintah, Universitas Nasional tetap membayarkan gaji dan THR tepat waktu kepada dosen dan karyawan serta memberikan uang ketupat untuk dosen tidak tetap, meski mereka bekerja dari rumah.

"Kami berharap apa yang diberikan ini jadi langkah terbaik untuk membantu sesama dan memulihkan kondisi pendidikan di Indonesia," tutup Zainul. (OL-13)

Baca Juga: PMJ Amankan 95 Travel Gelap yang Hendak ke Jawa

Baca Juga

DOK MI

Sebagian Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Mei 2020, 15:58 WIB
Adapun daerah-daerah yang dilanda hujan ialah di Jakarta Barat ada di Cengkareng, Grogol Petamburan, Kalideres, Tamansari,...
DOK AGP

Apresiasi Warga Peduli Covid-19,AGP Inisiasi Bukan Pahlawan Biasa

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Mei 2020, 15:56 WIB
Program ini sebagai apresiasi kepada masyarakat biasa yang telah bekerja dan berkarya memberikan dampak nyata kepada masyarakat berupa...
MI/VICKY GUSTIAWAN

H+1 Lebaran, Pasien Sembuh Covid-19 di Wisma Altet Capai 1.936

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Mei 2020, 15:28 WIB
Ada pengurangan jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat satu hari usai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya