Kamis 21 Mei 2020, 20:00 WIB

Umat Diingatkan Beragama Islam Itu Mudah

Lina Herlina | Humaniora
Umat Diingatkan Beragama Islam Itu Mudah

Antara
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman (memegang mic)

 

WAKIL Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mengimbau agar masyarakat melaksanakan Salat Idul Fitri 1441 H di rumah. Hal itu sejalan dengan imbauan dari pemerintah pusat agar Salat Idul Fitri tidak dilakukan secara berjamaah di masjid maupun di lapangan.

Pemerintah pusat, kata Sudirman, tentu sudah mempertimbangkan alasan mengapa salat Idul Fitri di rumah saja, bahkan telah meminta pertimbangan dari tiga organisasi Islam terbesar di Indonesia, yakni NU, Muhammadiyah dan MUI.

"Harus dipahami di tengah kondisi pandemi, salat di masjid ataupun di rumah, Insya Allah pahalanya sama karena ada Udzur (halangan) di dalamnya dan dalam rangka mengikuti edaran pemerintah dan MUI. Islam itu memudahkan," ungkap Sudirman, Kamis (21/5).

Bagi dia, tidak bisa salat di masjid, bisa di rumah. Saat sakit, tidak bisa salat dengan berdiri, bisa duduk atau berbaring. Tidak bisa kena air, bisa (wudhu) dengan tayammum. "Inilah kelaziman keringanan yang Allah berikan," tukas Sudirman.

Bahkan menurutnya,  sudah terbit Taushiyah MUI Sulsel nomor 29/DP.P.XXI/V/2020 tentang panduan pelaksanaan Salat Idul Fitri di rumah dalam kondisi pandemi Covid-19. Hal itu disampailan Sudirman, lantaran sejumlah pihak masih berniat salat Idul Fitri di masjid. (OL-13)

Baca Juga: Wapres : Perlu ada Fatwa soal Lebaran dan Silaturahmi dari Rumah

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Didik Suhartono

KLHK Gagalkan Penjualan Daring Cucak Hijau di Samarinda

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:46 WIB
Kasus ini bisa terungkap berawal dari laporan warga mengenai adanya perdagangan cucak hijau yang diunggah di media sosial Facebook.167...
Thinkstock

Kemenag Kota Tasikmalaya Sosialisasikan Pembatalan Haji

👤Kristiadi 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:30 WIB
Calhaj yang melunasi biaya ibadah tahun ini dipastikannya akan berangkat 2021. Mereka juga akan mendapat nilai manfaat dari biaya pelunasan...
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19/Tim Riset MI-NRC

Daerah kembali Bawa Kabar Baik

👤Ata/Fer/Ins/X-10 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:22 WIB
Enam provinsi dilaporkan tidak mengalami penambahan kasus covid-19. Keenamnya ialah Aceh, Bengkulu, Riau, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya