Kamis 21 Mei 2020, 17:13 WIB

H-3, Sebanyak 100 Ribu Lebih Warga Tiba di Brebes

Supardji Rasban | Nusantara
H-3, Sebanyak 100 Ribu Lebih Warga Tiba di Brebes

MI/Supardji Rasban
Pemudik masuk Brebes

 

TIGA hari menjelang Lebaran, sekurangnya 103.516 perantau atau pemudik sudah tiba di Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Kamis (21/5). Mereka yang umumnya pekerja nonformal tersebut berasal dari berbagai daerah di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Padahal pemerintah pusat telah menerbitkan aturan larangan mudik bagi warga.

Sekretaris Daerah/Sekda Pemerintah kabupaten (Pemkab) Brebes DjokoGunawan, menyebut data perantau yang sudah sampai kampung halaman tersebut  diperoleh dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes.

"Mereka para perantau yang tersebar di 292 desa dan 5 kelurahan di Kabupaten Brebes," ujar Djoko ditemui rumahnya di Perum Limbangan Indah Kelurahan Limbangan Wetan Brebes, Kamis (21/5).

Ia merinci dari jumlah perantau yang sudah datang paling banyak di Kecamatan Banjarharjo 10372 orang, Kecamatan Kecamatan Bantarkawung 8502 orang, Kecamatan Bulakamba 8942, dan Kecamatan Wanasari 8434. Sementara jumlah perantau paling sedikit di wilayah Kecamatan Kersana dan KecamatanTonjong.

Baca juga :Pemkab OKI Salurkan Bansos Tahap II, Penerima Manfaat Diperluas

"Kecamatan Tonjong ada 372 perantau dan Kersana ada 3811 orang," terangnya.

Djoko menjelaskan para perantau yang sudah tiba di Kabupaten Brebes sudah dilakukan pemeriksaan. Selain itu, sudah diberikan edukasi terkait karantina mandiri selama 14 hari.

"Semua tim mulai dari pemerintah kabupaten dan tingkat desa sudahbergerak. Salah satunya membangun posko pencegahan virus korona di tiap-tiap desa dan perbatasan Kabupaten Brebes,’’ jelasnya.

Sekda Pemkab brebes tersebut mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi aturan yang ada. Salah satunya tetap di rumah dan menjaga jaraksaat berinteraksi dengan orang lain.

"Warga yang terpaksa keluar rumah wajib mengenakan masker. Dan jugaharus mematuhi protokol kesehatan," pungkas Djoko. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok MI

Total Kasus Sembuh Covid-19 di Riau Capai 76

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 27 Mei 2020, 01:55 WIB
Ssaat ini Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad, Riau telah menerima 5.458 spesimen swab. Selain itu, alat PCR juga telah memeriksa...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Dua Hari Terakhir Nihil Tambahan Positif Korona di DIY

👤Ardi Teristi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 01:55 WIB
Secara keseluruhan, hasil tes PCR sudah menyatakan 226 orang positif, dengan rincian 95 masih dirawat, 132 orang sudah sembuh, dan 8...
DOK MI

Kasus Sembuh Korona di Sragen Bertambah

👤Widjajadi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 00:40 WIB
Delapan pasien yang sembuh dari sergapan positif korona itu langsung diperbolehkan pulang dari tempat perawatan di  RSUD dr Soehadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya