Kamis 21 Mei 2020, 16:48 WIB

FIFPro Sebut PSSI Abaikan Pemain Soal Pemotongan Gaji

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
FIFPro Sebut PSSI Abaikan Pemain Soal Pemotongan Gaji

Antara/Hafidz Mubarak A
Kantor PSSI

 

FEDERASI Pesepak Bola Profesional Dunia atau FIFPro menilai PSSI telah mengabaikan pemain soal pemotongan gaji saat pandemi global covid-19.

PSSI dinilai telah abai dan gagal berkoordinasi dengan Asosiasi Pesepak Bola Profesional (APPI) bagaimana membahas krisis di tengah covid-19 sesuai imbauan dari AFC.

FIFPro menilai PSSI telah sepihak dalam memutuskan memotong gaji pemain hingga 75% dari Maret hingga Juni ketika Liga 1 dan 2 resmi ditangguhkan pada 15 Maret. Keputusan ini hanya melibatkan klub dan operator liga, tanpa mengundang APPI untuk bernegosiasi.

“PSSI melakukan intervensi dalam hubungan kerja tanpa mengundang serikat pemain. Fakta bahwa langkah ini berlaku sejak Maret dan menunjukkan bahwa PSSI tidak peduli dengan standar internasional dan bahkan kurang peduli dengan kesejahteraan pemain di Indonesia,” ungkap Direktur Legal FIFPro Roy Vermeer, melalui keterangannya, Kamis (21/5).

FIFPro mencatat sebagian besar klub bahkan menurunkan gaji di bawah keputusan PSSI. Sejak April, tidak satu pun dari 18 klub Liga 1 membayar lebih dari 25%, sementara dua klub membayar hanya 10%. Di Liga 2, semua 24 klub membayar antara 10 hingga 15 persen.

Baca juga : FC Seoul Didenda Karena Pasang Boneka Seks di Tribun

FIFPro menilai keputusan ini cukup miris. Pasalnya, pemain Liga 2 hanya menghasilkan 200 USD atau Rp2,9 juta, yang sudah di bawah upah minimum regional 300 USD atau Rp4,4 juta.

Setelah adanya pemotongan gaji 75%, gaji mereka sekarang menjadi 50 USD atau Rp735 ribu atau sekitar 17% dari upah minimum regional.

FIFPRO mengaku frustrasi adanya kegagalan dalam menerapkan kontrak pemain standar internasional di Indonesia. FIFPro menilai klub wajib standar minimum pemain.

Namun, klub juga gagal menerapkan kontrak yang mempertimbangkan kesejahteraan pemain. Alhasil, keputusan ini membuat pemain dalam situasi krisis dan rentan. (OL-7)

Baca Juga

AFP/RONALD WITTEK

Dibekap Freiburg, Gladbach Terancam Turun Posisi

👤Widhoroso 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 04:15 WIB
Bayer Leverkusen yang berada di posisi lima dengan poin sama, 56, berpeluang menggeser Gladbach karena belum memainkan laga...
Antara

Jadwal Pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 belum Berubah

👤Antara 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 03:20 WIB
PSSI mengklaim FIFA mengapresiasi kerja yang telah dilakukan untuk Piala Dunia U-20 2021. FIFA pun meminta PSSI untuk secepatnya...
AFP/NHAC NGUYEN

Stadion di Vietnam Kembali Dipadati Penonton

👤Antara 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 03:15 WIB
Kapten tim nasional Vietnam Que Ngoc Hai dari klub Viettel mengatakan sangat menyenangkan melihat stadion...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya