Kamis 21 Mei 2020, 15:32 WIB

Rob Terjang Ribuan Rumah di Indramayu

Nurul Hidayah | Nusantara
Rob Terjang Ribuan Rumah di Indramayu

MI/Nurul Hidayah
Ilustrasi

 

BANJIR rob akibat gelombang pasang air laut menerjang ribuan rumah di Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Sejumlah warga terpaksa harus mengungsi ke balai desa setempat.

Plt Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Caya, menjelaskan sebanyak tiga desa di Kecamatan Kandanghaur diterjang banjir rob  yang terjadi pada Rabu (20/5) malam.

‘’Desa eretan Wetan, Eretan Kulon dan Kertawinangun,’’ ungkap Caya, Kamis (21/5).

Menurut Caya, ada lebih dari 1.000 rumah warga, tempat ibadah dan sarana pendidikan di tiga desa tersebut yang terendam banjir rob.

Ketinggian banjir rob yang merendam ketiga desa tersebut bervariasi, mulai 30 cm hingga 1,2 meter.

Baca juga :Pelindo III Tanjung Wangi Banyuwangi: Aktivitas Kapal Turun 30%

‘’Banjir terparah terjadi di Blok Pang Pang 1, Desa Eretan Wetan,’’ ungkap Caya.

Tingginya banjir rob menyebabkan sedikitnya 50 kepala keluarga (KK) di Desa Eretan Wetan terpaksa harus mengungsi ke balai desa setempat. Terutama anak-anak, perempuan dan lansia, namun saat ini, mereka sudah pulang ke rumah masing-masing karena banjir rob telah surut. Mereka kini disibukkan dengan membersihkan rumah dari lumpur dan sampah yang masuk ke dalam rumah bersamaan dengan datangnya banjir rob.

Ditambahkan Caya, gelombang tinggi terjadi secara tiba-tiba bersamaan dengan hujan lebat dan angin. Masyarakat setempat menyebutnya dengan istilah rob maling karena datangnya secara tiba-tiba. Dari sejumlah video yang beredar di jagat maya dan grup whatsapp, banyak warga yang tidak menduga banjir roba parah terjadi secara tiba-tiba. Dalam waktu singkat, air laut bercampur lumpur dan sampah menggenangi seluruh bagian rumah warga. Warga juga berusaha dengan cepat menyelamatkan perabot ke tempat yang lebih tinggi. Tapi tidak sedikit warga yang tidak sempat menyelematkan barang-barang mereka sehingga akhirnya terendam. (OL-)

Baca Juga

ANTARA

Penyaluran Bansos di Jabar Ditarget Selesa1 8 Juni

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 04 Juni 2020, 02:55 WIB
Memang ada keterlambatan dalam penyaluran bantuan tersebut karena terkendala pendataan yang belum...
DOK MI

Tingkat Kesembuhan Covid di DIY Capai 72 Persen

👤Ardi Teristi 🕔Kamis 04 Juni 2020, 02:40 WIB
"Dengan rapid test massal, kita bisa memberikan data yang tepat. Data yang  kita miliki (jumlah pasien potitif Covid-19 yang...
DOK MI

Kasus Postif Korona di Tuban Kembali Bertambah

👤M Yakub 🕔Kamis 04 Juni 2020, 02:25 WIB
Tujuh kasus positif baru tersebut satu berasal dari klaster Tambakboyo, tiga dari klaster Pasar Tambakboyo, dan klaster...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya