Kamis 21 Mei 2020, 13:10 WIB

Kalteng Sudah Persiapan Sejak Dini Hadapi Karhutla

Surya Sriyanti | Nusantara
Kalteng Sudah Persiapan Sejak Dini Hadapi Karhutla

ANTARA FOTO/Bayu Pratama
Petugas patroli pencegahan Karhutla membawa peralatan pemadamam kebakaran lahan gambut di Kabupaten Kotawaringin Timur tahun lalu

 

JAJARAN  Polda Kalimantan Tengah sudah melakukan persiapan sejak dini untuk meminimalisir dampak  terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang diperkirakan akan terjadi di Kalimantan sekitar Juli  hingga September 2020, seiring datangnya musim kemarau.

"Dari informasi Sekjen Kementerian Pertanian untuk kemarau di Kalimantan itu akan masuk di bulan Juli hingga September 2020," kata Kapolda Kalteng Irjen Polisi Dedy Prasetyo kepada sejumlah wartawan di Polda Kalteng, Kamis (20/5).

Ditegaskanya,  sejumlah langkah antisipasi sejak dini sudah disiapkan polisi  untuk menghadapi karhutla tersebut.

"Saya minta Direktur Kriminal Khusus (Dikrimsus) untuk mengirim surat ke seluruh pemilik perusahaan tambang dan perkebunan kelapa sawit agar mereka memberikan informasi soal  kesiapannya seperti berapa personil yang disiapkan kemudian berapa banyak mereka memiliki embung (lobang besar di tanah tempat menyimpan air)," ujarnya.

Selain itu kata mantan Wakapolda Kalteng itu, polisi juga sudah memetakan tempat mana saja di Kalteng yang selalu berulang terjadi karhutala mulai tahun 2015-2016. Kemudiandi Taman Nasional Sebagau  di Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya nantinya akan menjadi prioritas dan akan gunakan manajemen resort.

"Di sana  ada pos yang dibangun oleh Kementerian LHK.  Dalam manajemen resort ini nanti  da personil lengkap mulai TNI/Polri dan Manggala Agni. Juga disana akan dibuat pos pantau yang akan melakukan patroli secara rutin pada daerah yang dianggap rawan kebakaran," terangnya.

baca juga: 190 TKA di Sumsel Dipulangkan ke Tiongkok

Langkah lain yang dilakukan yaitu pada  bulan Mei ini seluruh Babinkamtibmas Babinsa dan lurah akan melakukan kegiatan preventif dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kita menghimbau dan  mengajak tokoh-tokoh adat, juga masyarakat yang peduli lingkungan kita libatkan. Selain itu pada bulan Juli bersama Gubernur Kalteng danrem 102 Panju Panjung segera melaksanakan Apel Karhutala," terangnya. (OL-3)

Baca Juga

Mi/Gilbert Lewar

BTN Komodo Kembali Perpanjang Masa Penutupan Kawasan

👤Antara 🕔Jumat 29 Mei 2020, 12:11 WIB
Penutupan TN Komodo belum bisa dipastikan hingga kapan karena kondisi pandemi covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda...
ANTARA/Adeng Bustomi

PSBB di Tasikmalaya Kemungkinan Diperpanjang

👤Kristiadi 🕔Jumat 29 Mei 2020, 11:39 WIB
Meski new normal diberlakiukan mulai 1 Juni, PSBB di Tasikmalaya akan diperpanjang di berbagai...
ANTARA/Iggoy el Fitra

Warga Pesisir Selatan Diminta Tetap Jalankan Protokoler Covid-19

👤Yose Hendra 🕔Jumat 29 Mei 2020, 11:05 WIB
Sudah saatnya masyarakat membiasakan diri bergaya hidup sehat dalam kehidupan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya