Kamis 21 Mei 2020, 09:58 WIB

BI DIY Jamin Uang Beredar Higienis Karena Dikarantina 14 Hari

Agus Utantoro | Nusantara
BI DIY Jamin Uang Beredar Higienis Karena Dikarantina 14 Hari

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Petugas bank sedang menghitung uang. Bank Indonesia tidak mengadakan layanan kas keliling untuk menukar uang pecahan selama Ramadan.

 

BANK INDONESIA Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta menyediakan uang tunai  yang terdiri dari uang pecahan besar (UPB) dan uang pecahan kecil (UPK) sebesar Rp2,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri 1441 Hijriyah ini. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta, Hilman Tisnawan, Kamis menjelaskan, jumlah yang disiapkan ini lebih rendah atau turun 50% dibanding tahun sebelumnya. Adapun uang yang diedarkan dijamin higenis karena dikarantina selama 14 hari.

"Penyediaan uang layak edar dan higienis untuk meminimalisasi penyebaran covid-19 dengan melakukan karantina uang rupiah selama 14 hari sebelum diedarkan, menyemprotkan disinfektan pada area perkasan, sarana dan prasarana serta memperhatikan higienitas SDM dan perangkat pengolahan uang," kata Hilman, Kamis (21/5).

Namun BI tidak menyediakan pelayanan kas keliling guna memutus mata rantai covid-19.

"Bank Indonesia berkoordinasi dengan bank-bank umum agar dalam melayani masyarakat tetap memperhatikan protokol pencegahan covid-19 secara ketat," lanjutnya.

Langkah lainnya adalah berkoordinasi dengan PJPUR dan perbankan untuk menjaga ketersediaan uang di ATM dengan kualitas baik melalui perencanaan pengisian yang akurat, menyediakan laanan penukaran uang kepada masyarakat di loket perbankan. Sehingga masyarakat tidak mengalami kesulitan dan memastikan seluruh kegiatan pengolahan uang selalu memperhatikan aspek K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

baca juga: Dandim Raja Ampat dan Satgas Turun ke Jalan Sosialisasi Covid-19

Untuk mendukung penyiapan uang tunai dan kelancaran layanan penukaran, Bank Inonesia DIY menyusun strategi antara lain memberlakukan layanan kerja alternatif (LKA). Khusus untuk pelayanan penyetoran dan penarikan uang rupiah oleh perbankan dan PJPUR (Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah) hari Senin-Jumat di LKA Kantor Cabang Pembantu BPD DIY Maguwoharjo, Sleman. Sedangkan untuk hari  Selasa, Rabu dan Jumat layanan tetap diselenggarakan di lokasi kantor utama di Jalan Panembahan Senopati 4-6 Kota Yogyakarta. (OL-3)


 

Baca Juga

MI/Arnolduis Dhae

Bali dan Banyuwangi Sepakat Perketat Keluar Masuk Warga

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:58 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra memastikan penduduk pendatang yang berpotensi masuk ke Bali di masa-masa arus balik...
MI/Rendy Ferdiansyah

28 Pasien Covid-19 di Babel Dinyatakan Sembuh

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:34 WIB
Hingga H+3 hari raya Idul Fitri atau Selasa (26/5), jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Babel sebanyak 39 orang tersebar di 5...
ANTARA FOTO/Aji Styawan

Ganjar Perintahkan Kepala Daerah Tutup Semua Pasar

👤Akhmad Safuan 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:28 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku kecolongan dengan banyaknya kasus covid-19 ditemukan di pasar-pasar tradisional di Jawa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya