Kamis 21 Mei 2020, 09:23 WIB

Cerita Si Loreng Hadir di Podcast Taman Pintar Yogyakarta

Antara | Nusantara
Cerita Si Loreng Hadir di Podcast Taman Pintar Yogyakarta

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Pegunjung berada di wahana edukasi purbakala saat berkunjung di Taman Pintar Yogyakarta, Jumat (7/6/2019)

 

INOVASI di masa pandemi menjadi keharusan agar tetap bisa bertahan di tengah pandemi virus korona. Hal ini lah yang dilakukan tempat wisata dan edukasi Taman Pintar Yogyakarta dengan menghadirkan layanan daring. Usai menggunakan sosial media seperti instagram, kini Taman Pintar kembali menyapa Sahabat Tepi (Taman Pintar) melalui podcast dengan cerita Si Loreng.

"Si Loreng adalah cerita rakyat yang akan menjadi konten terbaru layanan cerita audio yang bisa dinikmati melalui podcast Taman Pintar menggunakan aplikasi Spotify," kata Kepala Bidang Taman Pintar Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Afia Rosdiana di Yogyakarta, Kamis (21/5).

Menariknya, lanjut dia, cerita Si Loreng dibawakan langsung oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi.

Afia mengatakan kisah atau cerita rakyat dalam layanan podcast dipilih agar cerita tersebut dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat tanpa ada pembatasan usia.

Ia pun memastikan seluruh cerita yang nantinya menjadi mengisi konten Taman Pintar Bercerita akan dikemas secara ringan namun mengandung pesan moral bahkan penjelasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Setiap cerita memiliki durasi sekitar 15 hingga 20 menit.

"Kami berharap melalui layanan audio ini bisa meningkatkan semangat belajar seluruh Sahabat Tepi di rumah karena ceritanya pasti menarik dan semoga bisa mengobati kerinduan berkunjung ke Taman Pintar," imbuhnya.

Baca juga: Taman Pintar Yogyakarta Siapkan Konten Edukasi Sosial via Medsos

Afia menambahkan, seluruh layanan audio digital dari podcast akan bisa dibaca langsung di Perpustakaan Taman Pintar saat tempat wisata dan edukasi tersebut dibuka kembali jika pandemi sudah terlewati dan kondisi dinyatakan aman untuk berwisata.

Selain Si Loreng, di layanan podcast Taman Pintar juga ada empat cerita lain yang bisa dinikmati Sahabat Tepi yaitu Ular Daung, Malin
Kundang, Putri Kerbau, dan Pak Labai yang Malang.

Selain layanan melalui podcast, Taman Pintar Kota Yogyakarta juga memiliki layanan daring lain yang bisa dikunjungi secara virtual yaitu melalui Fanart Challenge di Instagram dan Fun Science Kit yang dapat dibeli secara daring.

Tempat wisata tersebut juga menyiapkan layanan edukasi melalui Instagram yaitu @ensiklotepi dan @tamanpintar_yogyakarta. Konten di kedua media sosial tersebut diperbarui secara berkala.

"Melalui berbagai layanan online tersebut, kami dari Taman Pintar yang sudah ditetapkan sebagai Ruang Bermain Ramah Anak dan Pusat Informasi Sabahat Anak Kota Yogyakarta tetap berupaya melaksanakan layanan untuk anak-anak meskipun tempat ini untuk sementara tidak dapat dikunjungi secara langsung akibat pandemi," tuturnya.

Selama tidak membuka layanan, Afia memastikan pemeliharaan terhadap seluruh wahana dan alat peraga tetap dilakukan sehingga seluruhnya siap dan aman digunakan kembali apabila layanan dibuka.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA

Bantuan Sosial Tunai II sudah di Kantor Pos

👤MI 🕔Jumat 29 Mei 2020, 02:10 WIB
SEBELUM Lebaran, Kementerian Sosial sudah menuntaskan penyaluran dana bantuan sosial tunai (BST) tahap...
ANTARA

Rapid Test Massal Digencarkan

👤MI 🕔Jumat 29 Mei 2020, 01:45 WIB
PEMERINTAH daerah terus berupaya memutus rantai penularan virus korona baru atau...
ANTARA

Surabaya dalam Bahaya Korona

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 29 Mei 2020, 01:15 WIB
TINGKAT penularan virus korona baru atau covid-19 di Kota Surabaya, Jawa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya