Kamis 21 Mei 2020, 10:05 WIB

Punya Bisnis? Sekarang bisa Buka Toko di Facebook

Irana Shalindra | Weekend
Punya Bisnis? Sekarang bisa Buka Toko di Facebook

Facebook
Facebook hadirkan fitur baru, Shops

Founder Facebook, Mark Zuckerberg, tadi malam mengumumkan peluncuran fitur baru Facebook, yaitu Shops. Fitur itu memungkinkan setiap pelaku usaha membuka toko daring dan menjual produk mereka dengan lebih mudah dalam lingkungan digital Facebook. 
 
"Saya pikir ini sangat penting sekarang dengan begitu banyak bisnis kecil yang bergerak online untuk mengatasi dampak ekonomi dari Covid-19.  Saya pribadi telah bekerja dengan tim kami di Facebook Shops setiap hari selama beberapa bulan terakhir sehingga kami dapat mempercepat peluncurannya," urai Zuckerberg dalam pernyataan di akun Facebook-nya, Rabu (20/5) waktu setempat. 
 
Facebook Shops diklaimnya gratis dan mudah dibuat. Saat toko telah siap, ia akan muncul di akun Facebook dan Instagram sang empunya akun, dan kelak juga muncul di Facebook Messenger dan WhatsApp. "Fitur ini orisinil dan cepat, yang berarti tidak perlu lagi ada peralihan aplikasi ke peramban yang lambat dan Anda harus memasukkan kembali data kartu kredit Anda ketika Anda menyentuh tampilan produk yang Anda minati di feeds Anda," urai Zuckerberg. 
 
Lebih lanjut, tim Facebook tengah mendesain serangkaian fitur lintas aplikasi yang ia yakini bisa membantu konsumen menemukan produk yang mungkin mereka minati dari toko-toko daring para pelaku UMKM. Salah satunya ialah fitur tab berbelanja di Instagram. Pihaknya juga berencana meluncurkan fitur live shopping lintas Facebook dan Instagram sehingga konsumen bisa berbelanja secara real-time. 
 
"Terakhir, dalam waktu dekat Toko akan menggunakan teknologi AI dan augmented reality kami untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih baik. Kami akan secara otomatis mengidentifikasi dan menandai produk dalam umpan sehingga orang dapat dengan mudah mengklik untuk membeli ketika mereka menemukan hal-hal yang mereka sukai."
 
Pemilik kekayaan yang ditaksir mencapai US$77 milimiliar atau setara Rp1, 2 kuadriliun itu berharap fitur baru Facebook dapat membantu pengusaha UMKM di masa sulit ini, sekaligus menyiapkan mereka untuk masa depan cara berbelanja. (M-2) 
 
 
 

Baca Juga

ALERIE MACON / AFP

Sejumlah Museum Terancam Tutup Permanen Pasca Pandemi Covid-19

👤Fathurrozak 🕔Minggu 31 Mei 2020, 20:22 WIB
UNESCO dan ICOM memprediksi museum-museum yang berada di Afrika, Asia, dan negara-negara Arab lebih berisiko tutup daripada museum di Eropa...
Juni Kriswanto / AFP

Kesembuhan Nenek asal Jatim dari Covid 19 Viral di Luar Negeri

👤Adiyanto 🕔Minggu 31 Mei 2020, 20:00 WIB
Siti Aminah, menantu Kamtim menyatakan, kesembuhan mertuanya lantaran dia disiplin dan bersemangat selama...
Dok. Pribadi

Bidasan Bahasa Normal Baru

👤Suprianto Annaf Redaktur Bahasa Media Indonesia 🕔Minggu 31 Mei 2020, 05:55 WIB
Masyarakat kenormalan baru berperilaku hidup lebih sehat. Bukan individualistis, koruptif, sekuler, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya