Kamis 21 Mei 2020, 08:06 WIB

PermataBank Sambut Bangkok Bank Sebagai Pemegang Saham Pengendali

Dwi Tupani | Ekonomi
PermataBank Sambut Bangkok Bank Sebagai Pemegang Saham Pengendali

ANTARA/PISCES (HO)
Perjanjian pembelian saham bersyarat antara Bangkok Bank, Standard Chartered Bank PLC dan PT Astra International Tbk.

 

PT Bank Permata Tbk (PermataBank) secara resmi telah diberitahukan oleh Standard Chartered Bank Plc (Standard Chartered Bank) dan PT Astra International Tbk (Astra International) mengenai penutupan transaksi dan pengumuman resmi pemegang saham pengendali baru, Bangkok Bank Public Company Limited (Bangkok Bank). 

Akuisisi ini telah mendapat persetujuan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Bangkok Bank melakukan pengambilalihan atas 89,12% saham PermataBank dari jumlah saham telah ditempatkan dan disetor dari Standard Chartered Bank dan Astra International. 

Transaksi pegambilalihan ini tunduk pada peraturan yang berlaku, terutama Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.41/POJK.03/2019 tentang Penggabungan, Peleburan, Pengambilalihan, Integrasi dan Konversi Bank Umum dan peraturan lain yang berlaku.

Presiden Direktur PermataBank, Ridha DM Wirakusumah, mengatakan, pihaknya menyambut baik Bangkok Bank sebagai pemegang saham pengendali baru PermataBank. 

"Pada kesempatan ini, atas nama Manajemen dan seluruh jajaran karyawan PermataBank, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan Astra International dan Standard Chartered Bank, selama 16 tahun. Keduanya telah berperan besar dalam membawa PermataBank sampai ke posisinya hari ini, sebagai salah satu dari 15 bank terbesar di Indonesia. Kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk kepemimpinan dan pengarahan Dewan Komisaris dari Astra International dan Standard Chartered Bank selama ini,” ujarnya seperti dilansir keterangan resmi, Rabu (20/5).

Di tengah tantangan pandemi COVID-19, PermataBank menutup Kuartal I tahun ini dengan kinerja yang stabil didukung oleh kerangka manajemen risiko dan tata kelola perusahaan yang kuat. 

Dalam Kuarta I 2020 yang berakhir sampai dengan 31 Maret 2020, PermataBank masih membukukan pendapatan operasional sebesar Rp2,1 triliun, atau tumbuh sebesar 15,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.   

Pendapatan bunga bersih sebesar Rp1,6 triliun bertumbuh sebesar 15,5% year-on-year (yoy) sejalan dengan pertumbuhan kredit yang diberikan sebesar 5,7% yoy.   Kinerja yang sangat baik ini juga didukung oleh posisi likuiditas dan permodalan yang kuat.

“Kami percaya Bangkok Bank akan memberikan dukungan terbaik bagi PermataBank untuk menjadi pemain yang kuat dalam lanskap perbankan Indonesia.  Kami akan terus mengembangkan bisnis sebagai bank pilihan bagi para pemangku kepentingan dan memperkuat kemampuan kami dalam mengembangkan  bisnis RetailWholesale, dan Syariah Banking, jaringan distribusi yang luas serta kemampuan teknologi digital terbaik di kelasnya. Kami akan fokus kepada penguatan kinerja Bank untuk menuju pertumbuhan berkelanjutan yang lebih baik lagi.” tambah Ridha.

Baca juga: Adaro Bagi Dividen 62% dari Laba 2019

PermataBank telah berkembang menjadi salah satu bank swasta utama yang menawarkan produk dan jasa inovatif melayani lebih dari 3 juta nasabah di 62 kota di Indonesia, PermataBank memiliki 316 kantor cabang, 16 cabang bergerak (Mobile Branch), 978 ATM dengan akses di lebih dari 100.000 ATM (VisaPlus, Visa Electron, MasterCard, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima) dan jutaan ATM di seluruh dunia yang terhubung dengan jaringan Visa, Mastercard, Cirrus. 

Di kuartal ketiga 2019 ini, fitur layanan PermataBank memperoleh 5 penghargaan Satisfaction Loyalty & Engagement (SLE) Award 2019 berdasarkan survei Infobank dan Marketing Research Indonesia (MRI), salah satunya adalah peringkat #1 untuk kategori OVERALL-ENGAGEMENT INDEX 2019 (bank umum konvensional / bank buku 3). Di kuartal kedua, kartu kredit, kartu debit dan Unit Usaha Syariah PermataBank meraih peringkat I & II untuk Digital Brand Awards 2019 oleh Majalah InfoBank. 

Dalam hal layanan, PermataTel kembali meraih penghargaan Contact Center Service Excellence Award 2019 untuk 10 kategori, dari Majalah Service Excellence. PermataBank juga meraih berbagai peringkat service excellence di kategori Bank Umum dan Bank Unit Usaha Syariah, dalam Banking Service Excellence Award oleh majalah InfoBank bekerjasama dengan Market Research Indonesia. 

Sebagai pelopor dalam teknologi mobile banking dan mobile cash di pasar Indonesia, pada tahun 2018, Bank meluncurkan aplikasi PermataMobile X dengan 200 fitur andalan terkini.

Sementara Bangkok Bank adalah Perseroan Terbatas, didirikan sejak tahun 1944, salah satu regional bank terkemuka di Asia Tenggara dan bank Thailand terbesar berdasarkan deposito dan ekuitas pemegang saham. 

Memiliki lebih dari 17 juta nasabah and hampir 1.200 cabang di seluruh dunia dengan total aset sebesar US$105 miliar per 30 September 2019. Secara Internasional, Bangkok Bank memiliki jaringan cabang terluas di luar negeri dibandingkan bank Thailand lainnya, dengan 31 lokasi di 14 negara berkembang, termasuk Cina, Kambodia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Vietnam, Inggris, dan Amerika. (A-2)

Baca Juga

DOK. ADE DANHUR/TIM MEDIA JK

Uniqlo Donasikan 10.000 Kaus untuk PMI

👤(Dro/S-3) 🕔Jumat 10 Juli 2020, 02:30 WIB
UNIQLO Indonesia membantu penanganan covid-19 dengan memberikan 10 ribu kaus AIRism UV Protection lengan panjang untuk tenaga medis...
DOK. ZEEUS-POMONA

Zeeus-Pomona Perluas Jaringan UMKM

👤(RO/S-3) 🕔Jumat 10 Juli 2020, 02:25 WIB
ZEEUS, perusahaan distribusi yang berjasa mendistribusikan produk dari Unilever dan Sosro, bersama Pomona, platform digital lokapasar dan...
DOK. JUARA SNACK

Juara Snack, Panen Orderan selama PSBB

👤(Dro/S-3) 🕔Jumat 10 Juli 2020, 02:20 WIB
SITUASI covid-19 tidak memukul semua jenis usaha, salah satunya ialah bisnis camilan. Seperti dialami Juara Snack yang kebanjiran order...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya