Kamis 21 Mei 2020, 06:58 WIB

Ratusan Warga Balikpapan Ikut Rapid Test Massal

Rudi Agung | Nusantara
Ratusan Warga Balikpapan Ikut Rapid Test Massal

MI/RAMDANI
Ilustrasi alat rapid test covid-19

 

PEMKOT Balikpapan menggelar rapid test massal dengan menyasar ratusan warga yang dinilai rentan terinfeksi Covid-19. Warga yang turut dalam kegiatan ini didominasi para orangtua. 

Kapendam VI/Mulawarman KolonelKav Dino Martino mengatakan kegiatan ini bagian kerja sama antara Dharma Pertiwi Daerah F dan jajaran Kodam VI/Mlw. Pendeteksian awal virus korona melalui rapid test massal ini dilakukan serentak di tiga pasar, yakni Pasar Muara Rapak, Pasar Pandansari, dan Pasar Klandasan, Rabu (20/5). Tetapi pengambilan sampel dilakukan di Puskesmas dan kelurahan terdekat. 

"Dharma Pertiwi dan Kodam VI/Mlwtelah melaksanakan aksi peduli kemanusiaan dengan melaksanakan rapid test, pemberian vitamin dan pembagian sembako," ujarnya. 

Pembagian sembako diharapkan bisa turut meringankan perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Ia mengingatkan, butuh kesadaran dan kepedulian dari seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga Indonesia dari penyebaran Covid-19. 

Komandan Kodim 0905 Kolonel Arm I Gusti Putu Agung Sujarnawa, memaparkan kegiatan ini diharapkan bisa membant umemutus mata rantai penyebaran Covid-19. Pihaknya menyediakan 250 alat rapid test yang disediakan khusus bagi warga Balikpapan, yang dinilai rentan. 

"Ini program bantuan dari Dharma Pertiwi TNI kepada setiap daerah. Kita sudah siapkan 250 alat rapid test yang ditujukan pada orang yang dianggap rentan dan bekerja setiap hari," jelasnya.

Pihaknya juga berharap pendeteksian dini ini bisa membuat masyarakat atau para pembeli lebih tenang saat melakukan transaksi jual beli di pasar tradisional. Menurut Putu, pihaknya tidak memberi syarat khusus bagi warga atau pedagang yang ingin dilakukan rapid test.

"Tapi kami prioritaskan warga di lingkungan pasar yang berusia diatas 50 tahun," paparnya. 

Pengambilan sampel juga dilakukan Dharma Pertiwi Daerah F bekerjasama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era KabinetIndonesia Maju. Rapid test dilakukan para petugas medis gabungan dari tenagaKesehatan Balikpapan Kesdam VI/Mlw dan Tim Kesehatan Lanal.

baca juga: Balikpapan Cabut Izin Salat Ied di Luar Rumah

Kegiatan ini dihadiri pula istri PangdamVI/ Mlw sekaligus Ketua Dharma Pertiwi Daerah F,  Wiwid Subiyanto. 

"Rapid test dilakukan di beberapa tempat. Rinciannya di kantor Kelurahan Klandasan Ulu diikuti 80 orang, Puskesmas Muara Rapak diikuti 80 orang dan di UPTD Pasar Pandansari diikuti 90 orang," jelas Wiwid Subiyanto.

Usai meninjau pelaksanaan rapid test, Wiwid mengunjungi Posyandu Asrama tipe K untuk mendistribusikan sembako dan vitamin. (OL-3)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Penyekatan Pemudik di Klaten, 492 Kendaraan Diputar Balik

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 08:30 WIB
Penyekatan kendaraan di Prambanan, yang merupakan perbatasan Kabupaten Klaten dengan DIY, juga merupakan rangkaian kegiatan operasi...
Medcom

Satu Karyawan Positif Covid-19, Toserba di Ciamis Ditutup

👤Kristiadi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 06:49 WIB
Salah satu karyawan perempuan berinisial R, 51, terkonfirmasi positif covid-19 dari hasil swab yang telah keluar dari Labkesda...
MI/Depi Iskandar

Anggota DPRD Bayuwangi Semprotkan Disinfektan di Zona Merah Covid

👤Usman Afandi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 06:30 WIB
Dengan memakai alat pelindung diri lengkap, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di rumah-rumah warga, hingga tempat ramai yang kerap...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya