Kamis 21 Mei 2020, 05:53 WIB

Catat, Mulai Jumat Warga Tak Punya SIKM Dilarang Keluar Kota

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Catat, Mulai Jumat Warga Tak Punya SIKM Dilarang Keluar Kota

MI/PIUS ERLANGGA
Petugas gabungan memeriksa kendaraan yang melanggar PSBB di di kawasan Bundaran HI, Jakarta. Mulai besok keluar masuk Jakarta diperketat.

 

PEMPROV DKI Jakarta akan mulai melakukan pengawasan terhadap warga yang bermobilitas ke luar Jakarta pada Jumat (22/5) dengan melakukan pemeriksaan kepemilikan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut setiap warga yang hendak pergi ke luar Jakarta khususnya ke luar Jabodetabek serta sebaliknya wajib memiliki SIKM sesuai Peraturan Gubernur No 47 tahun 2020.

"Nah, mulai hari Jumat besok, sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020, setiap orang yang akan masuk ke Jakarta maupun keluar dari Jakarta di dalam 12 check point lokasi kami melakukan pemantauan, itu wajib menunjukkan SIKM Jakarta. Per hari Jumat SIKM Jakarta itu harus sudah bisa ditunjukkan," kata Syafrin di Balai Kota, Rabu (20/5).

Pengawasan terhadap SIKM baru dilakukan pada Jumat disebabkan Pemprov DKI harus melakukan sosialisasi selama sepekan setelah Pergub 47/2020 diterbitkan. Pergub tersebut baru disahkan pada 14 Mei lalu.

SIKM Jakarta dapat diajukan secara online di website Pemprov DKI Jakarta, corona.jakarta.go.id. Setelah masuk ke website tersebut ada beberapa fitur, salah satunya fitur izin keluar masuk Jakarta. Publik bisa memilih kategori sesuai kondisi masing-masing dan akan tertera persyaratan yang harus dilengkapi.

baca juga: Dapat SIKM, 50 Warga Bisa Keluar Masuk Jabodetabek

Seluruh persyaratan harus dipindai dan diunggah. Tidak ada penyerahan persyaratan secara fisik atau bentuk hardcopy dalam proses ini. Syafrin menyebut jika seluruh persyaratan diterima, izin akan beres dalam 1x24 jam.

"Artinya proses untuk pengajuan izin pun di dalam website itu sangat user friendly, artinya siapa pun bisa melakukan proses dan ini sangat membantu untuk masyarakat, sangat sederhana," ujarnya.

Masyarakat yang tidak memiliki SIKM dilarang pergi di luar daerah Jabodetabek. Sebaliknya, warga dari luar Jabodetabek dilarang masuk ke Jakarta tanpa SIKM.(OL-3)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Alasan Anies Lebih Pilih Masa Transisi Daripada 'New Normal'

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 11:45 WIB
Anies memilih frasa dan konsep masa transisi menuju kehidupan aman, sehat, dan produktif karena lebih mudah dipahami...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Bakal Buka, Ancol Terapkan Pembelian Tiket secara Daring

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 11:15 WIB
Manager Corporate Communcation PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Rika Lestari menuturkan, untuk menghindari penularan Covid-19,...
MI/PERMANA

Anies Bagi Masa PSBB Transisi 2 Tahap, Tergantung Kasus Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 10:45 WIB
Apabila selama tahap satu PSBB transisi di Jakarta mengalami peningkatan kasus baru Covid-19 secara signifikan, maka masa pembatasan itu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya