Kamis 21 Mei 2020, 01:25 WIB

Empat Zona Merah di Jateng Jadi Hijau

Akhmad Safuan | Nusantara
Empat Zona Merah di Jateng Jadi Hijau

ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Anggota Satpol PP Salatiga dan TNI memberikan masker kepada warga yang tidak menggunakan masker di Pasar Raya II, Salatiga, Jawa Tengah.

 

LANGKAH-langkah yang diambil Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dalam memerangi Covid-19 memperlihatkan hasil cukup menggembirakan. Saat ini empat wilayah yang sebelumnya masuk kategori zona merah, turun menjadi zona hijau.      

Keempat wilayah yang kini masuk zona hijau adalah Kota Tegal, Kudus, Pati, dan Rembang setelah tidak ada lagi warga terpapar Covid-19. Namun demikian, tetap dilakukan pengawasan ketat dan tetap ikuti protokol kesehatan yang berlaku untuk menghindari kembali munculnya kasus korona.

Meskipun empat daerah telah menjadi zona hijau semua berada di pantura yakni Kota Tegal, Kudus, Pati dan Rembang tersebut karena tidak ada lagi warga terpapar covid-19, namun tetap dilakukan pengawasan ketat dan tetap ikuti protokol kesehatan yang berlaku untuk menghindari kembali munculnya kasus korona.

"Tidak ada satupun daerah atau wilayah di provinsi ini yang masuk zone hitam. Bahkan secara bertahap zone merah berubah hijau," kata Gubernur Jawa Tengah Ganajar Pranowo di Semarang Rabu (20/5).

Berbagai langkah untuk menekan Covid-19, jelas Ganjar, terus dilakukan. Selain mengurangi jumlah warga yang terkena korona dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, juga dilakukan penanganan dan pengobatan di berbagai rumah sakit rujukan dengan baik.

Lebih jauh, Ganjar mengatakan meski jumlah kasus Covid-19 di Jawa Tengah terus meningkat karena masuknya warga dari daerah endemi, namun penanganan dilakukan secara intensif sehingga angka kesembuhan pasien juga meningkat hampir sama dengan jumlah pasien yang kini masih dirawat.

"Meskipun sudah ada daerah yang kembali hijau dan jumlah pasien sembuh cukup tinggi, saya meminta tetap waspada dan jangan terlena. Tetap  disiplin dan terapkan protokol kesehatan," ungkap Ganjar.

Data dari Dinas Kesehatan Jawa Tengah, hingga kini kasus Covid-19 telah mencapai 1.221 kasus dengan tingkat kesembuhan pasien di berbagai rumah sakit rujukan mencapai 553 orang (45,29%) dan pasien dirawat 580 orang (47,50%) serta meninggal 88 orang (7,21%).

Pasien Covid-19 yang sembuh terbesar berasal dari RSUP dr Kariadi Semarang sebanyak 121 orang. Sedangkan pasien dirawat terbanyak saat ini di RSUD dr Tjitrowardojo Purworejo 59 orag. (R-1)

 

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Penyekatan Pemudik di Klaten, 492 Kendaraan Diputar Balik

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 08:30 WIB
Penyekatan kendaraan di Prambanan, yang merupakan perbatasan Kabupaten Klaten dengan DIY, juga merupakan rangkaian kegiatan operasi...
Medcom

Satu Karyawan Positif Covid-19, Toserba di Ciamis Ditutup

👤Kristiadi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 06:49 WIB
Salah satu karyawan perempuan berinisial R, 51, terkonfirmasi positif covid-19 dari hasil swab yang telah keluar dari Labkesda...
MI/Depi Iskandar

Anggota DPRD Bayuwangi Semprotkan Disinfektan di Zona Merah Covid

👤Usman Afandi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 06:30 WIB
Dengan memakai alat pelindung diri lengkap, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di rumah-rumah warga, hingga tempat ramai yang kerap...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya