Rabu 20 Mei 2020, 23:49 WIB

Abrasi Ambleskan Puluhan Pondok Wisata Pantai di Aceh Barat

Antara | Nusantara
Abrasi Ambleskan Puluhan Pondok Wisata Pantai di Aceh Barat

Antara
Warga melihat pondok wisata yang rusak akibat diterjang gelombang pasang di Desa Suak Ribe, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Rabu

 

PULUHAN pondok wisata di pinggir pantai di kawasan Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Rabu ambles ke laut setelah diterjang abrasi gelombang pasang air laut.

Akibatnya, puluhan unit pondok kecil yang terdapat di sepanjang bibir pantai di daerah ini rusak parah dan terbawa arus.

Kepala Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Teuku Razali, di Meulaboh, Rabu mengatakan dampak dari rusaknya puluhan pondok kafe milik masyarakat di daerah ini, menyebabkan warga mengalami kerugian.

“Abrasi pantai yang terjadi di desa kami sudah sangat parah, kami berharap agar dapat segera ditangani pihak terkait,” kata Teuku Razali.

Menurutnya, abrasi yang terjadi kali ini merupakan abrasi yang kedua yang terjadi pada bulan suci Ramadhan tahun ini.

Sebelumnya, abrasi yang terjadi pada Sabtu (9/5) lalu juga menyebabkan sekitar 20 unit pondok kafe di desa setempat rusak setelah diterjang abrasi pantai .

Dampak dari kerusakan tersebut juga menyebabkan masyarakat terganggu untuk melakukan aktivitas ekonomi, karena sebagian besar pondok wisata yang ada sudah terbawa arus pasang air laut.

Ia juga menuturkan, dampak dari abrasi yang terjadi selama ini juga menyebabkan sekitar 110 meter bibir pantai dan badan jalan di kawasan itu juga ikut rusak.

Kondisi tersebut menyebabkan air laut dengan mudah masuk ke pemukiman warga, sehingga hal ini sangat meresahkan masyarakat, kata Teuku Razali menegaskan. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA/Adeng Bustomi

PSBB di Tasikmalaya Kemungkinan Diperpanjang

👤Kristiadi 🕔Jumat 29 Mei 2020, 11:39 WIB
Meski new normal diberlakiukan mulai 1 Juni, PSBB di Tasikmalaya akan diperpanjang di berbagai...
ANTARA/Iggoy el Fitra

Warga Pesisir Selatan Diminta Tetap Jalankan Protokoler Covid-19

👤Yose Hendra 🕔Jumat 29 Mei 2020, 11:05 WIB
Sudah saatnya masyarakat membiasakan diri bergaya hidup sehat dalam kehidupan...
Dok MI

Tiga Warga Pidie Tewas Tenggelam di Pantai Wisata Aceh Barat

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Jumat 29 Mei 2020, 10:45 WIB
Mereka bersama banyak wisatawan lokal lain tidak begitu peduli dengan kondisi cuaca buruk dan gelombang tinggi yang sedang melanda sejak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya