Rabu 20 Mei 2020, 23:03 WIB

DKI Siapkan Protokol Kesehatan Ketat Sambut New Normal Usai PSBB

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
DKI Siapkan Protokol Kesehatan Ketat Sambut New Normal Usai PSBB

Antara/Adirtya Pradana Putra
Imbauan soal covid-19 di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan

 

USAI masa Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap ketiga di DKI Jakarta selesai, fase normal baru atau new normal untuk segala aktivitas bakal menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Virus korona itu sampai sekarang belum ditemukan vaksinnya. Tapi, kita harus mempersiapkan diri dengan cara mensiasati konsep baru yang menggunakan protokol Covid-19 yang ketat dalam melakukan aktivitas seperti sekolah, bekerja, ibadah dan lainya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dalam siaran langsung instagram dengan RMbooks, Jakarta, Rabu (20/5).

Pemprov DKI bersama pemerintah pusat bakal merancang kondisi normal baru itu tanpa mengurangi kualitas aktivitas kedepan. Selain kegiatan sekolah atau beribadah, kegiatan usaha juga bakal diminta mematuhi protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

"Ini jadi tantangan kita, termasuk ke jajaran pengusaha yang gimana caranya bisa menjual produknya. Selama ini kan yang bekerja terbiasa dengan video confference. Ya mudah-mudahan substansi dalam interaksi tidak mengurangi kualitas kegiatan," jelas Riza.

Baca juga : REI Beri 1.000 Paket Sembako ke Pemprov DKI

Menurut Riza, Gubernur Anies Baswedan juga bakal mengumumkan formula untuk new normal di DKI Jakarta, fase-fase pembukaan mana saja yang bakal kembali berkegiatan. Namun, hal itu perlu didukung oleh kedisiplinan warga.

"Termasuk ekonomi sedang kita siapkan. Pak Menko (Perekonomian) sedang menyiapkan konsepnya, Menteri BUMN (Erick Thohir) juga sudah menyiapkan konsep kehidupan yang baru. Tentu Pak Gubernur menyiapkan segala hal agar kita bisa memasuki hidup yang baru," pungkas Riza.

Anies telah mengumumkan perpanjangan status PSBB di wilayah DKI Jakarta selama dua pekan hingga 4 Juni. Anies menyebut PSBB kali ini merupakan masa PSBB penghabisan, yang diharapkan kehidupan akan berjalan normal setelahnya dengan indikator penurunan laporan kasus positif Covid-19 per hari. (OL-7)

Baca Juga

MI/Ramdani

Tidak Punya SIKM, Pengendara Pakai Hasil Tes Covid-19

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 25 Mei 2020, 16:07 WIB
Dari hasil pemeriksaan oleh petugas gabungan, pengendara menggunakan hasil rapid test dan swab test agar bisa melintasi...
MI/ BARY FATHAHILAH

Ganjil Genap Ditiadakan Hingga 4 Juni

👤Cindy Ang 🕔Senin 25 Mei 2020, 16:00 WIB
Perpanjangan peniadaan ganjil genap akan terus mengikuti perkembangan virus korona (Covid-19) di ibu kota. PSBB diperpanjang maka peniadaan...
MI/Wibowo Sangkala

Kalangan Pesantren Apresiasi Polri Ungkap Sindikat Narkoba Iran

👤Selamat Saragih 🕔Senin 25 Mei 2020, 15:45 WIB
KETUA Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Pesantren Indonesia (DPP IPI), KH. Zaini Ahmad, S.RK mengapresiasi kinerja Satgassus Bareskrim Polri...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya