Rabu 20 Mei 2020, 21:20 WIB

Dukung Imbauan Tetap Di Rumah, Uhamka Donasikan Sembako Edukasi

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Dukung Imbauan Tetap Di Rumah, Uhamka Donasikan Sembako Edukasi

Dok. Uhamka
PSGPA Uhamka menyalurkan sembako edukasi

 

PEMERINTAH mengeluarkan imbauan untuk tetap di rumah bagi masyarakat Indonesia untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Mendukung imbauan itu, Pusat Studi Gender dan Perlindungan Anak (PSGPA) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) menyalurkan sembako edukasi untuk membuat keluarga Indonesia betah berada di rumah selama pandemi covid-19.

Sembako edukasi itu berupa booklet panduan Senang Bergembira Bersama Keluarga, activity book, poster, buku cerita, serta mainan edukasi yang mengasah kemampuan motorik halus dan motorik kasar anak.

Ketua PSGPA Uhamka Yoce Aliah Darma berharap paket sembako edukasi itu dapat membantu orang tua untuk menciptakan kegiatan gembira bersama keluarga di rumah.

"Kegiatan ini merupakan aksi nyata PSGPA Uhamka dalam mendukung pemerintah sesuai dengan visi PSGPA Uhamka menjadi pusat studi unggul dalam melakukan terobosan Pengarusutamaan Gender dan Perlindungan Anak di bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakarat dan Al-Islam Kemuhammadiyahan," kata Yoce dalam keterangan tertulisnya.

Selain sembako edukasi, PSGPA Uhamka juga menyelenggarakan Competition from Home yang terdiri dari berbagai lomba yang bisa diikuti keluarga Indonesia. Kompetisi ini merupakan bentuk kontribusi PGSPA Uhamka mengajak keluarga Indonesia untuk tetap produktif menghasilkan karya terbaik bersama putra-putri tercinta walau tetap di rumah.

Di sisi lain, PSGPA Uhamka juga melakukan penelitian terkait pandemi covid-19. Salah satu penelitian yang dilakukan terkait kekerasan terhadap anak selama pandemi covid-19.

Baca juga : Anggota DPR ini Salurkan Paket Sembako ke Warga Terdampak Korona

Penelitian itu dilatarbelakangi adanya temuan data kekerasan dalam keluarga dimana pelakunya adalah orang-orang yang mempunyai hubungan dekat bahkan mempunyai hubungan darah yang sangat dekat dan dikenal dengan baik, seperti ayah dan ibu terhadap anak.

Yoce mencontohkan adanya temuan lapangan oleh Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH Apik) sejak 16 Maret sampai 12 April 2020 yang menyebutkan ada 75 pengaduan kasus kekerasan dalam rumah tangga dengan korban adalah anak-anak dan perempuan, hal ini merupakan efek dari Physical Distancing.

"Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan dukungan dan pendampingan kepada korban kekerasan pada anak, khususnya di Jabodetabek, dengan luaran berupa publikasi ilmiah dan panduan penanganan kekerasan anak," ujarnya.

Penelitian lainnya yang diselenggarakan PSGPA Uhamka terkait sinergitas orang tua siswa dan sekolah dalam kebijakan belajar di rumah. Penelitian itu terkait dengan kebijakan belajar di rumah bagi siswa sekolah, yang berdampak pada bertambahnya beban orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah.

Beban tersebut akan bertambah berat lagi bagi orang tua, manakala pihak sekolah dalam hal ini guru kurang mampu menyiapkan suatu sistem pembelajaran yang dapat mensinergikan peran orang tua dan peran guru secara proporsional, sehingga baik orang tua maupun guru dapat berbagi peran secara adil untuk dapat mewujudkan kegiatan pembelajaran di rumah yang menyenangkan bagi anak.

"Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi alternatif mengenai bagaimana pola sinergitas yang ideal antara orang tua dan guru untuk dapat meminimalisir tekanan yang dialami kedua belah pihak dalam melaksanakan kebijakan belajar di rumah bagi anak," pungkas Yoce. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pembukaan Rumah Ibadah Harus Jadi Contoh Penerapan New Normal

👤Anisa Putri Yuliani 🕔Rabu 03 Juni 2020, 05:55 WIB
Masing-masing komunitas agama perlu membuat semacam prosedur operasional standar (SOP) rumah ibadah dan protokol-protokol yang...
DOK KEMENTAN

Pandemi Korona Kinerja Sektor Pertanian Cemerlang

👤S1-25 🕔Rabu 03 Juni 2020, 05:54 WIB
Kementan melakukan upaya untuk menjamin ketersediaan bahan pangan dengan hadirnya Toko Mitra Tani di setiap provinsi. Kemudian menggandeng...
Medcom.id/Surya Perkasa

Izinkan Masjid Buka Pasca-PSBB

👤Che/Put/X-7 🕔Rabu 03 Juni 2020, 05:41 WIB
DMI saat ini telah menyiapkan sejumlah protokol kesehatan agar jemaah bisa aman ketika beribadah di masjid. Kita minta supaya jaga jarak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya