Rabu 20 Mei 2020, 18:15 WIB

Diduga Jiplak Logo Olimpiade, Sampul Majalah Jepang Tuai Protes

Deden Muhamad Rojani | Internasional
Diduga Jiplak Logo Olimpiade, Sampul Majalah Jepang Tuai Protes

AFP/Philip Fong
Logo Olimpiade terpasang di Japan Sport Olympic Square.

 

DIANGGAP melanggar hak cipta, penyelenggara Olimpiade Tokyo menuntut Klub Koresponden Asing Jepang (FCCJ) untuk membatalkan desain sampul majalah bulanan Shimbun.

Majalah edisi April itu ditayangkan secara daring, dengan sampul memiliki kemiripan yang mencolok dengan logo Olimpiade Tokyo, disertai tulisan covid-19 di bawahnya.

"Desain itu melanggar undang-undang hak cipta," bunyi pernyataan panitia.

Baca juga: Covid-19 Meningkat, Jepang Akhirnya Perluas Pengujian

Edisi majalah tersebut memang dikhususkan untuk pandemi covid-19. Sejumlah media sosial pun dibanjiri dengan komentar kritis. "Ekspresi yang terlalu eksplisit. Sangat sarkastik," ujar salah satu pengguna Twitter.

"Sangat jelas bahwa desain diambil berdasarkan lambang Olimpiade Tokyo," tegas pejabat panitia penyelenggara. Komite meminta FCCJ secara lisan dan via surat elektronik untuk mengatasi masalah tersebut.

"Desainnya menunjukkan kurangnya rasa hormat kepada banyak orang dan atlet. Terutama karena pandemi covid-19 menyebabkan banyak dampak di seluruh dunia," imbuh pejabat itu.

Baca juga: Olimpiade Ditunda, Atlet Disarankan Jaga Kesehatan Mental

Panitia penyelenggara tidak menyinggung rencana meminta ganti rugi secara hukum. Sampul majalah dibuat Andrew Pothecary, seorang desainer Inggris yang berbasis di Tokyo. Dia menjabat sebagai direktur seni untuk majalah tersebut.

Pothecary berdalih niatnya untuk membuat pernyataan kuat tentang situasi di Jepang. Mengingat, kabar terkait pandemi covid-19 terus berubah setiap hari. Di mengklaim insipirasi desainnya berasal dari pernyataan Menteri Keuangan Jepang, Taro Aso, bahwa Olimpiade Tokyo dikutuk serta keraguan terhadap lonjakan kasus covid-19 di Negeri Sakura.(Asahi/OL-11)

 

Baca Juga

AFP/YURI KADOBNOV

Rusia Laporkan 101 Tenaga Medis Meninggal akibat Korona

👤Widhoroso 🕔Rabu 27 Mei 2020, 02:15 WIB
Berdasar situs Remembrance List yang diluncurkan April lalu, angka kematian petugas medis akibat korona jauh di atas angka yang diumumkan...
AFP

Jepang Cabut Status Darurat Covid-19

👤MI 🕔Rabu 27 Mei 2020, 01:40 WIB
PERDANA Menteri Jepang Shinzo Abe mencabut status keadaan darurat yang diberlakukan secara nasional untuk melawan virus...
AFP

Dunia Diminta Waspadai Puncak Kedua Korona

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 27 Mei 2020, 01:15 WIB
ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin (25/5) mengatakan bahwa negara-negara yang mengalami penurunan kasus infeksi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya