Rabu 20 Mei 2020, 17:00 WIB

DKI Terima Donasi Satu Ambulans dan 100 APD untuk Tenaga Medis

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
DKI Terima Donasi Satu Ambulans dan 100 APD untuk Tenaga Medis

Antara/Sigid Kurniawan
Ambulansdi RSPI Sulianti Saroso

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerima donasi berupa satu unit ambulans khusus infeksi dan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 100 baju hazmat lengkap untuk para tenaga medis yang menangani pasien covid-19. Bantuan tersebut diberikan oleh PT. Lion Super Indo atau Super Indo Supermarket.

"Kami mengapresiasi atas bantuan berupa satu unit ambulans khusus infeksi dan APD kepada Gugus Tugas Percepatan Covid- 19 DKI Jakarta," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dalam keterangan resminya, Rabu (20/5).

Menurut Riza, bantuan ambulans itu sangat bermanfaat dalam penanganan covid-19. Khususnya, untuk para tenaga medis, mobilisasi pasien dan tenaga medis, serta meningkatkan akses masyarakat menuju layanan kesehatan.

"Dengan adanya tambahan armada ambulans, secara psikologis dapat memberikan rasa tenang kepada masyarakat karena apabila terdapat kondisi darurat, dapat segera ditangani. Kita memang membutuhkan ambulans khusus infeksi seperti ini terutama sesuai dengan standard WHO," jelas Riza.

Menurutnya, APD merupakan kebutuhan mutlak para tenaga medis yang menolong pasien covid-19. Para dokter dan tenaga medis yang bertugas menghadapi pasien wajib menggunakan APD demi meminimalkan risiko penularan.

Baca juga: Polisi Bongkar Peredaran Narkoba dalam Perusahaan Ekspedisi

Penggunaan APD itu, sebutnya, sangat penting untuk mencegah penularan virus covid-19 melalui droplet atau cairan air liur dari pasien yang terinfeksi virus covid-19. Untuk itu, bantuan APD yang disalurkan dari masyarakat umum maupun dunia usaha harus juga memenuhi standar kesehatan, yaitu pakaian APD tidak berpori.

"Terkait APD ini memang sangat penting, kita butuhkan terus tiap hari. Tidak pernah berkurang. Terus bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah pasien yang ada di rumah sakit dan yang ada di tempat isolasi lainnya. Bahkan, sampai ke pemakaman sekali pun, APD masih sangat dibutuhkan," kata Ketua DPP Gerindra itu.

President Director PT Lion Super Indo, Johan Boeijenga mengatakan pemberian bantuan unit ambulans khusus pasien infeksi dan APD merupakan dukungan ke Pemprov DKI Jakarta dalam mempercepat penanganan covid-19.

Alat Pelindung Diri (APD) baju Hamzat, katanya, lengkap dengan bahan dan model yang telah distandarisasi oleh pemerintah. Baju hazmat tersebut memiliki keunggulan antidroplet 100%, serta bisa dicuci dan digunakan kembali.

"Di tengah kondisi pandemik seperti sekarang ini, ambulans dengan spesifikasi khusus untuk pasien infeksi covidD-19 menjadi kebutuhan yang sangat vital, mengingat kebutuhan yang terus meningkat sedangkan keberadaan ambulans khusus infeksi masih sangat terbatas," pungkas Johan. (OL-14)

 

Baca Juga

Antara/Indrianto eko Suwarso

Mulai 8 Juni, headway MRT Tiap 5 Menit di Jam Sibuk

👤Putri Anisa Yuliani/Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 23:39 WIB
Sementara itu, mulai 8 Juni mendatang, MRT kembali memperpendek headway. Kereta MRT akan tiba tiap 5 menit di jam sibuk pada hari kerja dan...
MI/Pius Erlangga

Ganjil-Genap Sepeda Motor Saat PSBB Transisi, Warganet Girang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:47 WIB
"Pembatasan motor itu perlu, harus didukung. Kualitas bahan bakar buruk, motor penyumbang polusi tertinggi di Jakarta,: kata salah...
Antara/Fauzan

1,6 Juta Orang Keluar Jakarta saat Larangan Mudik Berlaku

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:05 WIB
"Total kendaraan yang keluar Jakarta sejak itu ada 465.583 kendaraan dengan total 1,6 juta penumpang," kata Kepala Dinas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya